Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022(Dok. MGPA)
Sirkuit Mandalika akan jadi lokasi tes pra-musim MotoGP 2022(Dok. MGPA) ( kompas.com)

Sirkuit Mandalika Siap Untuk Gelar Sesi Tes Pra-Musim MotoGP Februari 2022

7 Oktober 2021 22:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dorna Sports baru-baru ini merilis kalender sementara MotoGP 2022. Dalam keterangan resminya, dicantumkan juga jadwal sesi tes pra-musim.

Dikutip dari MotoGP.com, Kamis (7/10/2021), Shakedown Test akan dilakukan pada 31 Januari hingga 2 Februari 2022 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Untuk sesi tes pertama di 2022, Sirkuit Sepang kembali jadi tuan rumah dan akan digelar pada 5-6 Februari 2022.

Selanjutnya, sesi tes pra-musim akan digelar di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari 2022. Rencananya, MotoGP Indonesia akan dilaksanakan pada 20 Maret 2022.

Sesi tes pra-musim terakhir akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 22-24 Februari. Happy Harinto, Chief Strategic and Communication Mandalika Grand Prix Association (MGPA), mengatakan, ini sesuatu hal yang membanggakan bagi Indonesia.

Selain itu, jadi sebuah kehormatan bagi Mandalika dijadikan sirkuit untuk dapat melakukan uji coba atau tes pra-musim MotoGP 2022.

"Produsen produk–produk yang mendukung event balap di MotoGP, dari helm, racing suit, sarung tangan, sepatu, engine, chassis, beban, stamina dan juga ajang untuk menguji skill pebalap, mekanik, serta semua teknologi dan engineer terbaik dari tiap pabrikan yang akan hadir dan diuji di Mandalika," kata Happy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sesi tes pra-musim ini juga penting bagi pebalap untuk mengenal sirkuit yang baru akan digunakan dalam kalender balap MotoGP. Pebalap harus mempelajari layout, karakter tikungan, dan karakter aspalnya.

"Semua hal tersebut harus dites sebelum menghadapi musim balap tahun 2022. Setting dari tiap elemen dan komponen akan diuji, seperti bagaimana setting suspensinya, strategi elektroniknya dan telemetri, strategi dan komposisi ban yang akan digunakan dalam menghadapi semua karakter sirkuit di dunia," ujar Happy.

Sehingga, performa motor akan terjaga dalam menghadapi tiap-tiap kompetisi, dan untuk selanjutnya GP Comission akan mencatat dan menyegel semua teknologi yang akan digunakan di musim 2022.

"Kira-kira seperti itu bayangan begitu pentingnya Tes Pra Musim bagi keberlangsungan event MotoGP jadi kami harus bersiap untuk momen yang sangat luar biasa ini dan semoga ini menjadi awal yang baik bagi sirkuit Mandalika di pentas dunia," ujar Happy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sirkuit Mandalika Siap Gelar Sesi Tes Pra-Musim MotoGP Februari 2022", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/07/182100015/sirkuit-mandalika-siap-gelar-sesi-tes-pra-musim-motogp-februari-2022.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm