Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas TV)

Untuk Pemula, Pahami Dulu Kelebihan Ini Sebelum Berinvestasi Dollar

9 Oktober 2021 14:03 WIB

SonoraBangka.id - Dari waktu ke waktu, mata uang dollar Amerika Serikat cenderung mengalami peningkatan.

Sebagai contoh, pada akhir 2019, nilai tukar rupiah terhadap dollar berkisar di angka Rp 13.800. Angka ini naik signifikan menjadi Rp 14.400 pada awal Oktober 2020.

Bahkan, dilansir dari Kompas.com, beberapa pengamat pasar memprediksi nilai tukar rupiah terhadap dollar bisa menembus Rp 14.700 pada 2021.

Karena dollar naik, investasi mata uang asing seperti deposito valas (valuta asing) bisa memberi manfaat untuk kita, termasuk bagi perempuan bekerja.

Untuk diketahui, pencairan dana pada deposito valas dilakukan pada jangka waktu tertentu sesuai perjanjian antara nasabah dengan bank. Contohnya tenor dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Deposito valas biasanya mengikuti suku bunga internasional, namun persentase atau besarannya lebih rendah dibanding deposito dalam bentuk rupiah. Deposito valas menyasar segmen nasabah perorangan dan badan usaha.

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi deposito valas, berikut ini kelebihannya yang dilansir Kompas.com dari Cermati.com.

1. Perlindungan dari fluktuasi kurs rupiah

Sulit menebak pergerakan kurs rupiah. Mata uang Garuda selalu bergerak fluktuatif.

Kadang stabil, kadang menguat, tapi seringkali melemah. Banyak faktor yang mempengaruhi nilai tukar rupiah, bisa eksternal maupun internal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm