Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock)

Ibu Harus Tahu Cara Atasi Jika Anak Perempuan Alami Menstruasi Cepat!

12 Oktober 2021 10:57 WIB

SonoraBangka.id - Pubertas pada anak biasanya bisa munncul dengan berbagai tanda, baik perempuan maupun laki-laki tentu memiliki tanda yang berbeda.

Masa pubertas pada setiap anak memanglah sangat wajar dialami.

Seperti contoh kalau anak perempuan akan ditandai dengan menstruasi, tetapi usia berapa idealnya menstruasi dialami oleh anak perempuan?

Hal tersebut dibahas langsung melalui siaran Live Instagram NOVA bersama dr M. Dwi Priangga, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia yang berjudul "Jaga Kesehatan Reproduksi Buah Hati Sejak Dini".

Dokter M. Dwi Priangga menjelaskan, jika anak perempuan mengalami menstruasi wajarnya pada usia 10-12 tahun.

Namun, bagaimana jika menstruasi dialami justru pada usia kurang dari ketentuan wajar tersebut?

"Anak perempuan idealnya muncul menstruasi di usia 10-12 tahun, kalau ternyata 8 tahun sudah menstruasi, itu harus segera diobati, itu namanya pubertas dini," ucap dr M. Dwi Priangga.

Lebih lanjut menurutnya, pubertas dini bisa berakibat fatal terhadap pertumbuhan sang anak kelak.

"Kalau tidak diatasi nanti dia terlalu cepat pencapaian tinggi badan lalu nanti dia jadinya pendek, sehingga tulangnya tidak bertumbuh dengan maksimal," paparnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm