( )

Ayu Azhari Rilis Album Baru Bertea Kuliner Untuk Mendukung Ketahanan Pangan

25 Oktober 2021 12:49 WIB

SonoraBangka.Id - Artis senior Ayu Azhari merilis sebuah album baru untuk mempopulerkan ragam kuliner dan daya tarik parawisata Tanah Air. Dalam waktu dekat, album kuliner Ayu Azhari itu rilis dalam bentuk digital platform. Hal itu diungkap Ayu dalam acara talk show Ngopi Daring Bela Negara dengan tema Pengembangan Potensi Kuliner Lokal, ketahanan pangan dan ekonomi kreatif sebagai daya tarik potensi pariwisata Indonesia.

”Ada 9 lagu dengan tema kuliner dalam album nanti. Ini bentuk kepedulian saya mengembangkan makanan lokal,” kata Ayu Azhari dalam acara yang digelar di kantor Kementerian Pertahanan, Kamis (21/10/2021). Selain Ayu Azhari, talkshow itu dihadiri oleh Dian Novita Sari sebagai Ketua Umum Perempuan Tani HKTI dan Founder Kopi Perempuan Tani, Sari Bondan sebagai Direktur Pengembangan Daerah IGC, Made Astawan sebagai Dosen peneliti dan ketahanan pangan IPB, serta Jenderal TNI Dr Jubei Levianto sebagai direktur Bela Negara Kemenhan. 

Pada kesempatan tersebut, Ayu Azhari juga mengenalkan dua dari 9 lagu dari album tersebut, yakni "Soto Madura" dan "Pempek Lenjer". Ayu Azhari mengaku terinspirasi mengemas lagu-lagu bertema kuliner ketika mengikuti kampanye pemilihan gubernur DKI Jakarta pada 2012. ”Awalnya pemilihan gubernur Jokowi (2012) pedagang jalanan ke Senayan. Saya lihat di sana, kok merakyat banget. Tukang makanan ngumpul. Pesan makanan dan murah. Biasanya makanan mahal, suasananya dapat banget sangat sederhana,” tutur Ayu Azhari.

Ayu lalu mengumpulkan lagu-lagu yang pernah populer pada era 1950-an sampai 1960-an dan mengajak musisi Devian serta kawan-kawan untuk mewujudkan album tersebut. ”Bikin lagu 'Gado-Gado Jakarta', pasti terdengar familiar. Lagu lama pernah dipopulerkan Mus Mujiono dengan keroncong dan saya mengubah aransemen,” ucap Ayu Azhari. 

Direktur Bela Negara Brigjen TNI Jubai Levianto juga mendukung upaya Ayu Azhari yang bicara ketahanan pangan dalam bentuk album bertema kuliner. ”UU Bela Negara adalah kewajiban setiap warga negara. Nah, salah satunya cinta Tanah Air dan aksi nyatanya dengan mencintai dan membanggakan produk dalam negeri. Seperti Mbak Ayu Azhari ini kenalkan makanan daerah lewat lagu,” tutur Jubai Levianto. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ayu Azhari Rilis Album Baru, Dukung Upaya Ketahanan Pangan Lewat Lagu Bertema Kuliner", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/10/23/191139666/ayu-azhari-rilis-album-baru-dukung-upaya-ketahanan-pangan-lewat-lagu.
Penulis : Vincentius Mario
Editor : Andi Muttya Keteng Pangerang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm