Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perut buncit, beberapa di antaranya bisa dikontrol atau dimodifikasi sementara lainnya tidak.
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perut buncit, beberapa di antaranya bisa dikontrol atau dimodifikasi sementara lainnya tidak. ( SHUTTERSTOCK)

Ahli : Cukup Lakukan 4 Hal ini Bisa Hilangkan Perut Buncit

24 November 2021 17:16 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin mengejutkan bahwa setiap orang sebenarnya memiliki lemak perut, bahkan orang yang memiliki perut rata.

Ya, tahukah kamu cara menghilangkan perut buncit bisa ditempuh secara alami.

Dilansir dari Medical News Today, keberadaan lemak perut adalah sesuatu yang normal.

Tetapi, jika ada terlalu banyak, lemak perut bisa memengaruhi kesehatan kita dengan cara yang tidak dilakukan oleh lemak lainnya.

Beberapa lemak perut berada tepat di bawah kulit. Sedangkan lemak lainnya bisa berada lebih dalam, yakni di sekitar jantung, paru-paru, hati, maupun organ lainnya.

Lemak yang berada mengelilingi organ di perut ini dikenal juga sebagai lemak "visceral". Keberadaan lemak ini bisa menjadi masalah besar, bahkan untuk orang kurus.

Melansir Health Line, kita sebenarnya membutuhkan lemak visceral.

Lemak ini bisa memberikan bantalan di sekitar organ kita.

Tetapi, jika memiliki terlalu banyak lemak visceral, kita dilaporkan lebih mungkin terkena tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu, termasuk kanker payudara dan kanker usus besar.

Lemak visceral bisa melepaskan banyak zat atau hormon yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan tersebut.

Oleh sebab itu, lemak visceral kadang-kadang disebut juga sebagai lemak aktif.

Merangkum WebMD, sedikitnya ada empat kunci yang perlu diperhatikan untuk dapat mengendalikan lemak perut di tubuh. Berikut penjelasannya:

1. Olahraga rutin

Olahraga intesitas tinggi bisa memangkas semua lemak kita, termasuk lemak visceral. Dapatkan setidaknya 30 menit olahraga sedang setidaknya 5 hari seminggu.

Dalam level ini, berjalan kaki bisa dilakukan selama itu cukup cepat sehingga kita berkeringat dan bernapas lebih keras, dengan detak jantung kita lebih cepat dari biasanya.

Untuk mendapatkan hasil yang sama dalam separuh waktu, kita bisa meningkatkan kecepatan dan lakukan olahraga intensitas tinggi, seperti joging atau jalan cepat.

Kita harus melakukannya selama 20 menit sehari, 4 hari seminggu.

“Latihan intenitas tinggi dengan sepeda stasioner dan alat fitnes elips atau alat fitness rowing juga efektif,” kata peneliti Duke Cris Slentz, PhD.

Melakukan aktivitas sedang yang meningkatkan detak jantung kita selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu juga bisa membantu.

Aktivitas ini diyakini bisa memperlambat berapa banyak lemak visceral yang kita peroleh.

Tetapi, untuk membakar lemak visceral, latihan kita mungkin perlu ditingkatkan.

“Anda bisa melakukan aktivitas sedang dengan menyapu dedaunan yang digugur di halaman, berjalan-jalan, berkebun, pergi ke Zumba, bermain sepak bola dengan anak-anak. Tidak harus di gym," kata Kristen Hairston, MD, asisten profesor endokrinologi dan metabolisme di Wake Forest School of Medicine, AS.

 

Jika kita selama ini jarang berolahraga, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai program baru.

2. Lakukan diet sehat

Tidak ada diet atau pengaturan pola makan yang seketika bisa menghilangkan lemak perut. Di mana, kita perlu melakukan diet sehat untuk menurunkan lemak perut secara bertahap.

Ketika kita berhasil menurunkan berat badan dengan diet apa pun, lemak perut biasanya menjadi yang pertama berkurang.

Mendapatkan cukup serat dapat membantu mencapai tujuan ini.

Penelitian Hairston menunjukkan bahwa orang-orang yang makan 10 gram serat larut per hari tanpa perubahan pola makan lainnya, ditemukan membangun lebih sedikit lemak visceral dari waktu ke waktu daripada yang lain.

Aksi diet dapat dilakukan sesederhana makan dua apel kecil, secangkir kacang hijau, atau setengah cangkir kacang pinto.

“Bahkan jika Anda tetap menjaga semuanya tetap sama tetapi beralih ke roti berserat lebih tinggi, Anda mungkin dapat mempertahankan berat badan dengan lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Hairston.

3. Cukupi kebutuhan tidur

Mendapatkan jumlah tidur yang tepat diyakini bisa membantu sebagai bagain dari cara menghilangkan lemak perut.

Dalam sebuah penelitian, orang yang tidur 6 hingga 7 jam per malam mendapatkan lebih sedikit lemak visceral selama 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang tidur 5 jam atau lebih sedikit per malam atau 8 jam atau lebih per malam.

4. Manajemen stres

Setiap orang bisa saja mengalami stres, termasuk kita. Jika mengalaminya, penting untuk dapat ditangani.

Hal-hal terbaik yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres, termasuk bersantai dengan teman dan keluarga, bermeditasi, berolahraga untuk mengeluarkan tenaga, dan mendapatkan konseling.

Berbagai hal itu diyakini bisa membuat kita lebih sehat dan lebih siap untuk membuat pilihan yang baik untuk diri sendiri.

"Lemak tidak hanya duduk di sana. Ini adalah bagian aktif dari tubuh Anda, membuat banyak zat jahat," kata Kristen Hairston, MD, asisten profesor endokrinologi dan metabolisme di Wake Forest School of Medicine, AS.

"Jika Anda hanya bisa meluangkan waktu untuk melakukan salah satu dari hal-hal ini, olahraga mungkin memiliki manfaat yang paling cepat, karena dapat mengurangi obesitas dan stres," pendapat Carol Shively, PhD, profesor kedokteran komparatif patologi di Wake Forest School of Medicine, AS.

SumberNova
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm