Ilustrasi cip semikonduktor (THEGUARDIAN.com/Vlad Deep/Alamy)
Ilustrasi cip semikonduktor (THEGUARDIAN.com/Vlad Deep/Alamy) ( kompas.com)

Persediaan Cip Semikonduktor untuk Otomotif Mulai Meningkat

30 November 2021 17:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Persediaan cip semikonduktor untuk pertama kalinya mengalami peningkatan suplai dalam sembilan bulan terakhir. Hal ini menjadi sinyal bahwa krisis cip pada industri otomotif bakal segera berakhir.

Berdasarkan laporan Nikkei (30/11/2021), pasokan cip dari sejumlah produsen semikonduktor global pada akhir September lalu mengalami kenaikan.

Misalnya dari Renesas Electronics Jepang, pemasok Belanda NXP Semiconductors, Infineon Technologies Jerman, STMicroelectronics yang berbasis di Swiss dan Texas Instruments yang berbasis di AS.

Walau begitu, dengan permintaan yang masih tinggi, prospek untuk beberapa bulan ke depan masih belum jelas.

Tetapi berkat peningkatan output pembuat cip, kendala pasokan yang memaksa perusahaan mobil menghentikan jalur perakitan selama musim panas berkurang.

Pembuat cip melihat lonjakan penjualan dimulai pada kuartal Oktober-Desember 2020, sementara pertumbuhan inventaris tertinggal.

Sebab suplai yang ada diperlukan untuk memenuhi permintaan dari pembuat mobil. Sementara itu, tingkat persediaan memburuk selama beberapa kuartal berikutnya.

Adapun kondisi membaik pada kuartal Juli-September 2021. Total persediaan di lima pembuat cip naik 0,7 persen pada tahun ini, menandai kenaikan pertama dalam tiga kuartal.

Salah satu masalah yang menahan persediaan adalah penghentian produksi. Cuaca ekstrem melumpuhkan produksi cip di Texas pada awal 2021, dan pembatasan terkait pandemi merugikan pemasok Asia Tenggara.

Renesas, pemasok utama cip semikonduktor untuk produsen otomotif seperti Toyota Motor, mengalami kebakaran pabrik yang mengganggu produksi di Tokyo.

Karena butuh persiapan untuk memulai kembali jalur produksi, pengiriman suplai pun masih perlu waktu untuk normal.

Sementara itu, risiko kekurangan suplai cip memang belum sepenuhnya hilang. Apalagi produsen otomotif berencana menebus kekurangan produksi mereka pada periode Juli-September.

Alhasil permintaan cip masih akan terus meningkat. Sedangkan persediaan cip pada perusahaan otomotif masih berada pada tingkat yang rendah.

Namun demikian, sejumlah ahli memprediksi bahwa krisis cip setidaknya akan berakhir pada penghujung musim semi 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Persediaan Cip Semikonduktor untuk Otomotif Mulai Naik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/30/084200315/persediaan-cip-semikonduktor-untuk-otomotif-mulai-naik?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm