Menyanyi dapat kurangi depresi pasca melahirkan
Menyanyi dapat kurangi depresi pasca melahirkan ( )

Studi Membuktikan, Bernyanyi Bisa Cepat Atasi Depresi Pasca Melahirkan

4 Januari 2022 10:04 WIB
 

SonoraBangka.id - Tidak sedikit penelitian menyebutkan, menyanyi memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh.

Contohnya, penelitian sebelumnya menyatakan bahwa menyanyi dapat memperbaiki kesehatan mental orang lanjut usia yang mengidap demensia.

Namun penelitian terbaru menunjukan bahwa menyanyi dapat mengatasi masalah  depresi pasca melahirkan dengan cepat.

Studi terbaru ini dipublikasikan pada British Journal of Psychiatry. Para peneliti meneliti 134 ibu dengan depresi pasca melahirkan.

Mereka membagi para partisipan tersebut ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama yakni kelompok ibu yang ambil bagian dalam bernyanyi.

Kelompok kedua yakni kelompok ibu yang ambil dalam sesi bermain kreatif. Kelompok ketiga yakni kelompok ibu yang ambil perawatan depresi seperti biasa dengan dukungan keluarga, obat antidepresan, dan kesadaran diri.

Hasilnya, ibu di semua kelompok membaik dalam waktu 10 minggu. Tetapi mereka yang ikut ambil bagian dalam kelompok menyanyi, gejala depresinya menurun hingga 35% dalam 6 minggu pertama.

Semua ibu di kelompok pertama yang mengalami gejala depresi sedang hingga parah, dilaporkan memiliki peningkatan yang jauh lebih baik, dibanding mereka yang berada di kelompok kedua dan ketiga.  

SumberHealth.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm