Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Saran Psikolog: Perlu Tidaknya Melabrak Jika Suami Ketahuan Selingkuh!

19 Januari 2022 19:52 WIB

SonoraBangka.id - Sudah pasti emosi, tapi melabrak bukan solusi, karena malah bisa memunculkan masalah baru. Jadi harus gimana?

Seorang pria diberhentikan dari pekerjaannya setelah video penggerebekannya viral belum lama ini di media sosial.

Dalam video itu terlihat sang istri memergokinya tengah bersama perempuan yang tak lain adalah rekan kerja pria tersebut.

Tindakan ini bisa dibenarkan, tidak, sih? Menurut Pinkan Margaretha Indira M.Psi., Psikolog, fenomena penggerebekan yang dilakukan seorang perempuan terhadap pasangan yang selingkuh adalah reaksi emosional yang tidak dipikirkan konsekuensi jangka panjangnya.

Hal itu biasanya terjadi karena rasa frustrasi yang berkepanjangan, misalnya karena upaya-upaya yang dilakukan oleh yang bersangkutan menemui jalan buntu.

“Jadi pada dasarnya, melabrak dan menggerebek tidak disarankan untuk dilakukan karena justru akan memunculkan masalah baru dalam relasi dengan pasangan, yang kemudian memperkeruh masalah yang sudah ada,” kata Pinkan.

Misalnya, harga diri pasangan yang terluka, sehingga makin membuat pasangan menjauh. Belum lagi adanya pihak-pihak yang kemudian menyebar isu tentang peristiwa itu.

Ditambah jika diunggah di media sosial, maka semakin lebar dan luas pihak-pihak yang terlibat dalam memberi komentar atau pendapat. Padahal mereka tidak mengetahui duduk permasalahan yang sebenarnya.

Sebenarnya bagaimana, sih, langkah yang tepat ketika mengetahui pasangan selingkuh? Kata Pinkan, sebaiknya masalah peselingkuhan diselesaikan dalam tahapan-tahapan sesuai perkembangan situasi masalah yang ada.

1. Cek dan Ricek

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm