Ilustrasi bir
Ilustrasi bir ( npr.org )

Ternyata Bir Punya Beragam Manfaat untuk Kesehatan, Mau Tahu Apa Saja?

21 Januari 2022 08:10 WIB

SonoraBangka.id - Dianggap sering tak menyehatkan, ternyata jika tak dikonsumsi secara berlebihan, bir juga memiliki beragam manfaat lho untuk kesehatan.

Bahkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), menyarankan kita minum bir tidak lebih dari 12 ons bir atau yang setara dengan satu gelas ukuran normal, agar tak berakibat fatal.

Artinya jika bir diminum secukupnya, kita bisa mendapat manfaat yang setimpal tanpa merusak kesehatan kita.

Lantas, apa saja sebenarnya manfaat bir bagi kesehatan?

Pertama, bir ternyata bermanfaat untuk kesehatan otak karena memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah, sehingga mencegah terjadinya penggumpalan.

Kedua, bir bisa membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer, hal ini karena kandungan zat silikon dalam bir akan mencegah berbagai bentuk demensia dan gangguan kognitif, termasuk Alzheimer.

Isi silikon dalam bir ini, diduga melindungi otak dari efek berbahaya dari tingginya zat aluminium dalam tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab Alzheimer terjadi.

Ketiga, bir memilik kandungan yang kaya antioksidan, seperti kandungan zat xanthohumol yang diketahui memiliki sifat anti-kanker hingga membantu menangkis enzim penyebab kanker di dalam tubuh.

Sehingga orang yang minum bir secukupnya bisa membantu mencegah reaksi kimia tertentu, yang dapat menyebabkan kanker prostat pada pria. Selain itu, bir juga telah terbukti mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara pada wanita.

Keempat, bir bisa membantu mengobati ketombe. Hal ini  karena bir memiliki kadar ragi yang tinggi dan kaya akan vitamin B.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm