Ilustrasi makan
Ilustrasi makan ( SHUTTERSTOCK )

Segera Lakukan Ini Jika Kontak Erat dengan Pasien Covid-19 Omicron

7 Februari 2022 10:24 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini kasus positif covid-19 di Indonesia kini kian meningkat saja.

Sebagian dari kasus tersebut adalah infeksi covid-19 varian Omicron.

Pertanyaanya, apa yang harus kita lakukan jika kita melakukan kontak erat dengan orang yang positif covid-19 varian Omicron?

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, kita perlu melakukan tes jika memiliki riwayat kontak erat dengan pasien.

"Untuk orang yang kontak erat dengan pasien covid-19, harus dilakukan testing," ucap Wiku dilansir dari Kompas.com (05/01).

Jika hasil tes menunjukkan hasil positif, maka kita perlu karantina atau isolasi.

Isolasi menjadi upaya agar kita membatasi dan memisahkan diri dengan orang lain ketika sudah dinyatakan positif covid-19.

Isolasi dilakukan pada hari pertama usai merasakan gejala atau terkonfirmasi positif.

Sementara karantina merupakan upaya membatasi dan memisahkan diri dari interaksi setelah terpapar atau kontak dengan faktor risiko penularan covid-19.

Karantina dilakukan pada hari pertama setelah kita berinteraksi dengan orang yang positif covid-19.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm