Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen)
Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) ( Istimewa)

Walikota Molen: Pertumbuhan Ekonomi Kota Pangkalpinang Mencapai 9,27 Persen

4 Maret 2022 09:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) menyatakan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pangkalpinang, pada tahun 2021 kemarin pertumbuhan ekonomi Kota Pangkalpinang mengalami kenaikan signifikan sebesar 9,27 persen.

Angka ini tak lepas dari 3 sektor yang menjadi kontributor utama meroketnnya angka pertumbuhan ekonomi yaitu sektor perdagangan 24,59 persen, industri pengolahan 17,19 persen dan konstruksi 11,49 persen.

Molen menambahkan hal ini juga karena industri pengolahan di Kota Pangkalpinang yang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 29,45 persen, dan ini adalah salah satu andil naiknya pertumbuhan ekonomi di Kota Pangkalpinang pada tahun yang sama.


"Pertumbuhan ekonomi Kota Pangkalpinang mengalami kenaikan signifikan sebesar 9,27 persen ini juga didorong oleh pencapaian investasi yang tinggi hingga berdampak peningkatan aktivitas masyatakat dalam pemulihan ekonomi Kota Pangkalpinang.Selain itu, program percepatan vaksinasi juga turut berperan dalam memperkuat perekonomian di Pangkalpinang," ungkapnya.

Molen menambahkan peningkatan pertumbuhan ekonomi tersebut menandakan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Pangkalpinang telah menunjukkan keberhasilan, ini terlihat dari Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Pangkalpinang naik sebesar 78,57 persen, mengalami kenaikan 0,35 persen dibandingkan pada capaian IPM tahun 2020 yakni 78,22 persen.

"Capaian IPM Kota Pangkalpinang setiap tahunya mengalami peningkatan yang cukup baik sejak Tahun 2019 sampai sekarang, IPM ini merupakan indikator dari kemajuan pendidikan, kesehatan dan ekonomi di Kota Pangkalpinang," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm