Ilustrasi konvoi
Ilustrasi konvoi ( Republika.co.id)

Harus Istirahat! Ini 5 Tips Konvoi Motor Tetap Aman Menurut Usia

2 April 2022 10:27 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini tidak sedikit kegiatan touring yang memang digemari dan tidak terbatas pada laki-laki saja.

Saat ini banyak juga, lho, komunitas motor perempuan yang yang melakukan konvoi.

Tapi perlu diingat, selama melakukan kegiatan tersebut keselamatan pengguna jalan maupun rombongan adalah nomor satu.

Jangan sampai kejadian di Pangandaran, Jawa Barat yang menewaskan 2 anak kembar karena tertabrak motor yang tengah konvoi belum lama ini jadi terulang kembali.

Untuk mengantisipasi hal itu, Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) memberikan beberapa tips agar konvoi yang Sahabat NOVA rencanakan berjalan dengan aman dan tidak mengganggu lalu lintas. Ada apa saja, ya?

1. Petugas Konvoi

Dalam setiap kegiatan konvoi wajib ada petugas khusus. Mulai dari ketua yang bertanggung jawab terhadap kelancaran perjalanan selama touring berlangsung.

Hingga perangkat lainnya seperti mekanik, medis, dan sweeper yang bertugas memastikan seluruh peserta tetap pada posisinya masing-masing.

2. Manajemen Perjalanan

Sebaiknya sebelum konvoi kita sudah mencari tahu terlebih dahulu karakter daerah yang akan dilewati.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm