Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil ( THINKSTOCKPHOTOS)

Seperti Apa Tips Sahur dan Buka Puasa untuk Ibu Hamil atau Menyusui?

3 April 2022 08:24 WIB

SonoraBangka.id - Dalam hukum Islam ibu hamil atau menyusui diperbolehkan tidak berpuasa karena alasan kesehatan baik sang ibu maupun bayinya.

Ibu hamil atau menyusui biasanya membutuhkan nutrisi lebih banyak, lalu bagaimana saat mereka menjalani ibadah puasa Ramadhan?

Jadi, ibu hamil atau menyusui tetap bisa mengikuti puasa Ramadhan selama ia mampu dan tidak ada ancaman kesehatan bagi dirinya dan si kecil.

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh mereka selama menjalankan ibadah puasa baik saat sahur dan berbuka, agar tetap sehat.

Makan sahur

Mengutip buku "Buku Pintar Ibu Hamil" (2011) oleh Tim Naviri, berikut tip sahur sehat untuk ibu hamil atau menyusui:

1. Pilih makanan yang mencukupi 4 sehat 5 sempurna. Komposisi yang seimbang adalah 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 10-20 persen lemak.

2. Usahakan ada sayuran dan buah dalam menu sahur, agar proses buang air besar (BAB) lancar dan tidak terjadi sembelit. BAB yang tidak lancar dapat menyebabkan gangguan seperti wasir pada ibu hamil.

3. Sangat disarankan untuk meminum susu guna menambah energi. Jika kadar gula ibu hamil atau menyusui tinggi, lebih baik minum susu plain atau bisa juga diberi pemanis yang aman.

4. Sebaiknya menjauhi makanan pedas, khususnya pada waktu sahur. Jika memang ingin, bisa secukupnya saja, tidak berlebihan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm