Ilustrasi wajah
Ilustrasi wajah ( shutterstock)

Selama Puasa, Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering Menurut Dokter?

4 April 2022 11:24 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini kita telah masuk di bulan Ramadan, dimana asupan nutrisi kita sehari-sehari berubah polanya, termasuk juga dengan cairan.

Dengan begitu jika tak pintar-pintar mengonsumsinya dengan tepat, maka akan membuat kulit dehidrasi.

Tentunya kondisi ini akan memicu beragam masalah pada kulit, seperti kering dan mengelupas.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Pandu Pradana, Sp.KK., kulit akan rentan terkena dehidrasi, apalagi selama bulan Ramadan ini.

“Salah satu cara untuk menjaga kelembapan kulit yaitu dengan konsumsi air yang cukup. Pada bulan puasa, disarankan untuk konsumsi air yang cukup pada waktu berbuka sampai sahur untuk menjaga kelembapan kulit,” jelasnya.

Ia juga mengatakan sebaiknya menghindari konsumsi kafein yang banyak terdapat pada minuman bersoda, kopi, dan teh.

“Kafein yang terdapat pada minuman bersoda, kopi, dan teh dapat menyerap mineral dan cairan dalam tubuh, sehingga menimbulkan dehidrasi yang akan menyebabkan kekeringan pada kulit,” imbuhnya. 

Dikatakan dr. Pandu, kita juga perlu banyak mengonsumsi makanan seperti daging, ikan, sayur, dan buah agar kulit tetap sehat dan lembap.

Tak hanya makanan dan minuman yang diperhatikan, namun dr. Pandu juga menyarankan untuk menggunakan skincare seperti pelembap agar kulit tetap ternutrisi sempurna.

"Lalu, seusai berwudhu jangan lupa gunakan pelembap terutama di tangan dan kaki untuk menghindari kulit kering," tutupnya.

Nah, mulai sekarang jangan lupa ya tetap jaga kesehatan kulit meski berpuasa. 

Artikel ini telah terbit di https://nova.grid.id/read/053218495/begini-cara-mengatasi-kulit-kering-selama-puasa-menurut-dokter?page=all

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm