Kegiatan melukis
Kegiatan melukis ( shutterstock.com)

Tips Pintar Atur Emosi: Rekomendasi 5 Kegiatan Art as Therapy di Rumah

10 April 2022 14:51 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini salah satu kegiatan yang banyak diminati adalah aktivitas melukis.

Nah, salah satu yang jadi tren adalah melukis dengan nomor atau paint by numbers, alias teknik melukis dengan mengikuti angka yang tertera pada gambar.

Bukan tanpa alasan bisa jadi tren, rupanya saat ini banyak orang yang percaya jika kegiatan seni seperti melukis bisa jadi sarana untuk self-healing.

Sejak ribuan tahun lalu seni memang sudah menjadi media untuk berkomunikasi, mengekspresikan diri, dan penyembuhan mental.

Nah, penggunaan metode artistic atau kesenian dalam mengatasi gangguan psikologis dan meningkatkan kesehatan mental dikenal sebagai art therapy.

Sebuah teknik terapi dengan menggunakan media seni untuk mengeksplorasi perasaan, konflik emosi, meningkatkan kesadaran diri, mengontrol perilaku, mengembangkan kemampuan sosial, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.

Art therapy dilakukan oleh mereka yang memiliki sertifikat terapis, biasanya mereka harus menempuh pendidikan hingga program magister art therapy,” kata Ira Adriati, Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB), kepada NOVA.

Kendati begitu kita tetap bisa melakukan self-healing dengan seni tanpa harus didampingi oleh ahli dengan metode art as therapy.

Kata Ira, “Dalam art as therapy, parameter yang digunakan bukan membuat karya yang secara estetika memiliki nilai yang sangat tinggi seperti seniman, tetapi adalah bagaimana seseorang yang telah melakukan aktivitas seni ini merasakan ada perbaikan secara emosional.”

Art as therapy memiliki beragam aktivitas, tidak sebatas seni rupa saja. Tapi juga bisa dengan musik, teater, baca puisi, menulis, dan masih banyak lagi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm