Ilustrasi indikator bensin(youtube.com)
Ilustrasi indikator bensin(youtube.com) ( kompas.com)

Mitos atau Fakta, Kebiasaan Bensin Minim Bikin Komponen Fuel Pump Rentan Rusak?

23 Mei 2022 17:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Komponen mobil memiliki fungsi dan cara perawatannya sendiri-sendiri. Jika salah perlakuan, malah berakibat fatal pada komponen lain. 

Seperti fuel pump mobil yang bisa rusak karena kebiasaan membiarkan tangki bahan bakar dalam kondisi yang minim alias tiris.

Dengan alasan menghemat atau sekadar malas, banyak pengemudi enggan mengisi BBM secara penuh. Tapi kondisi tersebut ternyata justru bisa membuat pemilik mengeluarkan dana yang lebih besar lagi.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, mengatakan, kebiasaan tersebut secara langsung dapat mempengaruhi keawetan komponen fuel pump atau pompa bensin.

“Yang namanya fuel pump tugasnya adalah menyedot semua bahan bakar yang menuju ke mesin,” ujar Rifat, beberapa waktu lalu.

Menurut Rifat, beberapa fuel pump memiliki teknologi meminimalisir dari bahaya menyedot kotoran. Tapi kondisi pompa bensin mesti prima.

“Masalahnya adalah hanya perlu waktu sekian detik untuk memuat fuel pump itu overheat,” Rifat.

“Jadi tidak direkomendasikan untuk kosong banget tangki bensinnya. Jika kosong, akan ada potensi fuel pump menyedot kotoran,” katanya.

Padahal dengan membiarkan tangki bensin kosong juga ada sejumlah kerugian lain. Seperti waktu yang terbuang sewaktu mobil kehabisan bensin karena terburu-buru, sampai potensi karat karena oksidasi.

“Bagaimana kalau ada keperluan mendadak, sementara bensin mau habis? Akan membuang waktu untuk mencari SPBU,” kata Rifat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Kebiasaan Bensin Minim Bikin Fuel Pump Rentan Rusak?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/23/113100915/mitos-atau-fakta-kebiasaan-bensin-minim-bikin-fuel-pump-rentan-rusak-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm