Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Jumat (27/5) dan Sabtu (28/5) melakukan kunjungan kerja ke Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengecek progres proyek KA Makassar – Parepare yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Jumat (27/5) dan Sabtu (28/5) melakukan kunjungan kerja ke Makassar, Sulawesi Selatan, untuk mengecek progres proyek KA Makassar – Parepare yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN). ( (Kementerian Perhubungan))

Kereta Api Pertama di Sulawesi Selatan, Jalur Maros-Barru Ditargetkan Beroperasi Oktober 2022

28 Mei 2022 17:25 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan jalur kereta api Maros-Barru sepanjang 71 kilometer (km) dapat mulai beroperasi Oktober mendatang.

Proyek kereta api ini merupakan salah satu dari tiga target utama penyelesaian proyek kereta api Makassar-Parepare, Sulawesi Selatan yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Kereta api jalur Maros-Barru akan melalui 8 stasiun dan akan difungsikan menjadi berbagai jenis kereta, yaitu:

1. Kereta api penumpang perintis

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ditargetkan jalur ini mulai beroperasi melayani angkutan kereta api penumpang perintis pada Oktober 2022, dengan tujuan Stasiun Maros ke Stasiun Barru maupun sebaliknya.

"Setelah dua tahun pandemi, ternyata perkembangan dari pembangunan proyek ini sangat signifikan. Direncanakan bulan Oktober keretanya akan akan mulai beroperasi," ujar Budi dalam keterangannya, Sabtu (28/5/2022).

2. Kereta wisata

Selain sebagai angkutan penumpang perintis, kereta ini juga akan difungsikan sebagai kereta wisata menuju sejumlah objek wisata di Sulawesi Selatan yang potensial seperti di daerah Kabupaten Barru dan desa wisata Rammang-Rammang.

"Saya mendorong Pemda bersama stakeholder pariwisata mengembangkan wisata disini, mulai dari kulinernya, juga pemandangan gunung, sawah, dan laut yang indah," ucapnya.

3. Kereta api logistik

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm