Koordinasi lintas program/lintas sektor Pemkab Bangka
Koordinasi lintas program/lintas sektor Pemkab Bangka ( Diskominfotik Bangka)

Cegah Kematian Ibu dan Anak, Pemkab Bangka Gelar Sosialisasi Lintas Sektor

2 Juni 2022 15:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka mengadakan rapat koordinasi lintas program/lintas sektor dalam penguatan implementasi pelayanan kesehatan masa sebelum hamil, di Ballroom Hotel ST12 Sungailiat, Selasa (31/05/22).

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya pencegahan kasus kematian ibu dan anak.

Hal itu diungkapkan Bupati Bangka, Mulkan saat memberi sambutan pada acara pembukaan kegiatan koordinasi lintas program/lintas sektor dalam penguatan implementasi pelayanan kesehatan masa sebelum hamil.

"Agar kita bersama memiliki komitmen, memberi pengetahuan kepada masyarakat agar angka kematian ibu dan anak tidak meningkat," kata Mulkan.

Menurutnya, upaya ini harus menggaet instansi pelayanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat.

Ia pun berharap, melalui peran serta instansi terkait memberk edukasi bagi masyarakat sekitar.

"Kita harus perhatikan terutama Puskesmas Kecamatan lebih intens memberi sosialisasi kampanye kepada masyarakat tentang betapa besar resiko pernikahan dini," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, bentuk preventif dapat dilakukan dengan upaya pemberian perhatian lebih bagi ibu hamil.

"Masa sebelum hamil ini juga harus diperhatikan, jangan sampai menjadi catatan hitam di Kabupaten Bangka," ungkap Bupati.

Untuk itu dirinya menghimbau agar masyarakat dapat melakukan cek kesehatan secara rutin terutama bagi ibu hamil sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan.

"Lakukan cek kandungan calon pengantin, apakah sudah siap untuk mengandung," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm