Ratusan tanaman bonsai yang dipajang di atas meja dalam acara pameran dan kontes nasional Bonsai sejak 5-11 Juni di Alun-alun Taman Mereka Pangkalpinang, Rabu (8/6/2022). Selain itu pameran Bonsai tersebut sebagai rangkaian acara Muskomwil II Apeksi Sumbagsel selama 8-10 Juni 2022.
Ratusan tanaman bonsai yang dipajang di atas meja dalam acara pameran dan kontes nasional Bonsai sejak 5-11 Juni di Alun-alun Taman Mereka Pangkalpinang, Rabu (8/6/2022). Selain itu pameran Bonsai tersebut sebagai rangkaian acara Muskomwil II Apeksi Sumbagsel selama 8-10 Juni 2022. ( )

Kontes Bonsai di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Hingga Tarik Wisatawan Luar Daerah

8 Juni 2022 15:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Ratusan pemilik dan kolektor tanaman bonsai sedang beradu keindahan tanaman bonsainya dalam sebuah pameran berskala nasional di Alun-alun Taman Mereka Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (8/6/2022).

Ratusan tanaman bonsai berbagai jenis itu berjejer rapi di atas meja. Tanaman yang dibuat sedemikian rupa ini bersaing demi merebut hati para juri dan penikmatnya.

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Pangkalpinang, Eddy Iskandar menuturkan, ada sekitar 480 pot yang dipamerkan dalam acara Pameran dan Kontes Nasional Bonsai. Kegiatan ini sebagai bentuk penyaluran hobi dan ajang kreativitas bernilai rupiah tinggi.

"Masyarakat pencinta bonsai sangat antusias untuk ikut dalam kegiatan ini. Ini ada 480-an pot yang didatangkan untuk dipamerkan dan ikut kontes pada pergelaran nasional kontes Bonsai ini,"ujar dia kepada Bangkapos.com di Pangkalpinang.

Eddy mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk penyaluran hobi sekaligus adu kreativitas seni setelah lama tanpa kegiatan akibat pandemi Covid-19.

Beragam tanaman dari sejumlah kabupaten kota bahkan hingga Pulau Bangka Belitung dipamerkan dengan ragam dan karakter tersendiri.

Di mana tak hanya dari Bangka Belitung, kontestannya juga datang dari sejumlah daerah termasuk Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Seperti yang diketahui kegiatan tersebut telah  dimulai sejak 5 Juni sampai 11 Juni 2022 mendatang.

"Kalau dari Kepulauan Bangka Belitung dari seluruh kabupaten hadir termasuk dari Belitung Timur. Kemudian dari Dabo Singkep, Kabupaten Lingga Kepulauan Riau juga ada hadir,"kata Eddy.

Di samping itu lanjut dia, kontes pun dibagi menjadi empat kategori. Masing-masing kategori yakni pratama, prospek, kelapa dan bugenvil.

Sebagian besar tanaman bonsai yang dipamerkan yaitu  beringin, sidopuri, sapu-sapu, nasi-nasi, serut, lohan sung, pohon asem dan beragam lainnya merupakan tanaman raksasa yang dikreasikan menjadi kerdil.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm