Ilustrasi sakit mata
Ilustrasi sakit mata ( SHUTTERSTOCK/n.k.junky )

Penyakit Mata Ini Bisa Terjadi pada Pasien Diabetes, Ini Penyebab dan Gejalanya

20 Juni 2022 07:49 WIB

Bangkasonora.ID - Kadar gula darah berlebihan yang terjadi pada pasien diabetes ternyata bisa menimbulkan penyakit mata, namanya retinopati diabetik. 

Mengapa kadar gula darah yang berlebihan bisa menyebabkan penyakit mata? Mari kenali apa itu retinopati diabetik dari penjelasan berikut. 

Apa itu Retinopati Diabetik? 

Dilansir dari Everyday Health, retinopati diabetik adalah penyakit mata yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi dan berhubungan dengan penyakit diabetes. 

Farah Khan, seorang dokter dari Medicine Diabetes Institute UW, menjelaskan bahwa saat seseorang mengalami gula darah tinggi selama beberapa tahun, maka pembuluh darah kecil di retina akan terganggu, sehingga terjadilah retinopati diabetik. 

Istilah retinopati ini merupakan kata umum yang mencakup segala jenis kerusakan pada retina mata, salah satu jaringan terdalam mata kita. 

Bahaya yang terjadi saat retinopati diabetik tidak segera diobati yaitu bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan dan kebutaan. 

Oleh karena itu National Eye Institute menyarankan pasien diabetes untuk melakukan pemeriksaan mata paling tidak satu tahun sekali. 

Jika pasien diabetes mendapatkan pengobatan dan pencegahan lebih dini, penyakit retinopati diabetik dan gangguan penglihatan lainnya dapat tertunda. 

4 Tahap Gejala Retinopati Diabetik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm