Foto Udara Benteng Toboali
Foto Udara Benteng Toboali ( Iqbal Kurniawan)

Runtuhan Bangunan yang Menyimpan Banyak Sejarah, Benteng Toboali Bangka Selatan

20 Juni 2022 16:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Hai travelers, kali ini kita bakan ngejak kalian melihat runtuhan bangunan monumental bersejarah yang ada di toboali bangka selata.

ya.. Benteng Toboali..
Bangunan bekas basis pertahanan pemerintah kolonial Belanda yang dibangung pada tahun 1825 terletak di sebuah bukit dipinggir pantai sebelah utara kelurahan Tanjung Ketapang Toboali.

Sebagian besar bangunannya memang sudah tidak utuh lagi tetapi masih berbentuk. Di benteng ini pengunjung dapat mengulik peninggalan sejarah masa lampau yang ada di Toboali.

Sebagai basis pertahanan, Benteng Toboali memiliki beberapa ruangan seperti ruang inspektur, Gudang, barak prajurit, ruang administrasi, ruang penyimpanan bubuk mesiu, ruang penjagaan, serta dapur.

Di benteng ini pengunjung dapat mengulik peninggalan sejarah masa lampau, sekaligus menyaksikan pemandangan kota Toboali dan keindahan pantai Nek Aji serta dermaga Bom Pedek yang sangat indah terlihat saat matahari terbenam.

Akar pohon ara yang melapisi bangunan benteng yang menghadap ke laut merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan.

Ini adalah salah satu tempat favorit pengunjung untuk berfoto saat berkunjung ke benteng Toboali.

Benteng ini masih sangat sedikit mendapatkan tindakan arkeologis, baik berupa penelitian, pemerian, penggambaran, pemetaan maupun studi teknis.

Pada perkembangannya, bangunan ini pernah dikuasai Jepang antara tahun 1942-
1945.


Kemudian pada masa kemerdekaan bangunan ini dipergunakan untuk Kepolisian
Distrik Toboali, yang kemudian berganti nama menjadi Kepolisian Sektor Toboali pada tahun 1980-an hingga akhirnya Polsek tersebut dipindahkan keluar benteng atau tepatnya dipindahkan ke depan lapangan kira-kira 50 meter sebelah utara benteng.

Benteng Toboali mempunyai peran penting secara sejarah sebagai sarana Kolonialisme dalam mempertahankan kepentingannya di daerah Bangka Selatan.

Sebagai bagian dari sejarah kota Toboali antara satu bangunan dengan bangunan lain mempunyai konteks baik secara fungsi maupun secara sistem pembagian wilayah.

Clustercluster wilayah ini sengaja diciptakan oleh kolonial Belanda dalam membagi kota menjadi 3 bagian, yaitu cluster pemukiman Belanda, Cina dan pribumi.

Benteng Toboali mempunyai peran sentral dalam menjaga stabilitas tersebut.

Pemilihan lokasi benteng Toboali di atas bukit dekat pantai mempunyai beberapa
pertimbangan antara lain :
- Kebutuhan akan lokasi yang strategis
- Kebutuhan akan ruang yang memadai untuk sebuah basis pertahanan
- Penyesuaian dengan topografi lingkungan dan beberapa sumber kebutuhan hidup.

Benteng Toboali bukanlah sekedar reruntuhan tanpa makna, benteng ini sangat potensial untuk pengembangan melalui usaha pelestarian.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm