Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur ( FREEPIK/SENIVPETRO)

Faktor yang Memengaruhi Kualitas Tidur Dan Sebab Mengapa Kita Bisa Tidur Nyenyak?

8 Juli 2022 08:44 WIB

Bangkasonora.ID - Teman-teman, apakah tidurmu tadi malam nyenyak? Ketika kita tidur dengan nyenyak, maka tubuh kita akan terasa bugar dan semangat saat bangun. 

Sebaliknya, jika kita mengalami gangguan tidur, maka kita akan bangun dengan kondisi tubuh yang lelah, konsentrasi berkurang, semangat dalam melakukan aktivitas juga berkurang. 

Tidak hanya itu, tidur yang tidak nyenyak juga berhubungan dengan kesehatan. Jadi, apa saja hal yang membuat kita tidur nyenyak? Yuk, cari tahu faktanya di sini!

Jenis-Jenis Tidur

Dilansir dari Everyday Health, selama tidur tubuh kita mengalami siklus REM dan NREM yang berulang setiap 90 menit sekali. 

Siklus REM (Rapid Eye Movement) atau gerakan mata cepat, kondisi ketika mata kita bergerak dengan cepat saat tertidur. 

Sebaliknya, NREM (Non-Rapid Eye Movement) merupakan kondisi ketika mata tidak bergerak dengan cepat saat tidur.

Ada 3 tahapan dalam tidur NREM, yaitu tidur ringan, tidur lebih nyenyak, dan tidur paling dalam. 

Tidur ringan terjadi di antara fase mata masih terjaga hingga tertidur. Tidur lebih nyenyak terjadi ketika detak jantung kita melambat dan suhu tubuh mulai menurun. 

Sedangkan tidur paling dalam, ditandai dengan pernapasan semakin lambat, otot-otot mengalami rileksasi, dan terjadi pembaruan jaringan tubuh. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm