Palung Mariana adalah bagian laut yang terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 10 ribu meter di bawah permukaan laut.
Palung Mariana adalah bagian laut yang terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 10 ribu meter di bawah permukaan laut. ( )

Ada yang Dalamnya Sampai 10 Ribu Meter, Ini 5 Laut Terdalam di Dunia

9 Juli 2022 06:36 WIB

Bangkasonora.ID - Dari semua lautan yang ada di dunia, ada beberapa yang mendapat predikat sebagai laut terdalam yang bisa mencapai kedalaman 10 ribu meter.

Dengan keindahan di permukaan, lautan juga menyimpan banyak misteri dengan di dalamnya, terlebih untuk lautan yang sangat dalam.

Meski begitu, pada satu wilayah lautan tidak selalu semua bagiannya memiliki kedalaman yang sama.

Dasar lautan bisa berbeda-beda, ada yang tidak terlalu dalam tapi ada yang sangat dalam.

Bagian yang sangat dalam ini biasanya ada di sebuah palung yang merupakan sebutan untuk cekungan di dasar laut denga ukuran yang bisa sempit namun sangat dalam.

Pengukuran tingkat ke dalaman laut ini, akan dilihat dari salah satu palung yang ada di lautan.

Bila teman-teman penasaran dengan laut mana yang paling dalam, yuk, simak penjelasan ini!

1. Palung Mariana

Pada urutan pertama adalah Palung Mariana yang memiliki titik terdalam berada di Challenger Deep dan Horizon Deep.

Wilayah Samudra Pasifik memang menjadi wilayah perairan terdalam dengan kedalaman rata-rata 4.280 meter di bawah permukaan laut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm