Tongseng
Tongseng ( SHUTTERSTOCK)

Cara Membuat Tongseng Bacem, Ide Olahan Daging Kambing

12 Juli 2022 16:13 WIB

SonoraBangka.id - Bacem atau baceman adalah hidangan dengan ciri khas rasa manis dan gurih, selain itu warna makanannya coklat gelap. Bahan utama baceman biasanya tempe, tahu, telur, bahkan kamu bisa memakai daging sapi maupun kambing. Kali ini bahan utama baceman yang digunakan adalah daging kambing dan diolah menjadi tongseng bacem. Resep masakan ini dapat dijadikan ide dalam mengolah daging kurban. Bahan dalam pembuatan baceman terdiri dari gula jawa atau kecap, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jinten, dan kunyit.  Simak resep tongseng bacem berikut ini, dikutip dari buku "Menu Sehari-hari Set Menu Lauk Daging" (2020) karya Dewi Untari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep tongseng bacem Bahan:

500 gram daging kambing

100 gram kol, potong kasar

10 cm serai, memarkan

1 cm lengkuas, memarkan

4 lembar daun jeruk, remas-remas

3 buah cengkeh 500 ml air

250 santan encer

1/2 sdt merica

2 sdm kecap manis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm