Ilustrasi batu ginjal.
Ilustrasi batu ginjal. ( )

6 Cara Sederhana Cegah Pembentukan Batu Ginjal,Jangan Lagi Anggap Remeh

21 Juli 2022 10:10 WIB

Bangkasonora.ID - Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang bisa terjadi pada ginjal.

Dilansir dari laman Halodoc.com, penyakit satu ini disebabkan oleh penumpukan limbah tubuh yang berbentuk kristal di ginjal.

Asam oksalat dan kalsium adalah dua zat yang biasanya membentuk batu ginjal dan menyumbat saluran ginjal.

Biasanya batu ginjal menimbulkan gejala, seperti sering buang air kecil dan terasa sakit, nyeri pada perut bagian bawah, samping, dan pinggang.

Selain itu, pasien batu ginjal juga bisa mengalami mual dan urine yang jumlahnya sedikit.

Tentunya teman-teman tak ingin hal ini terjadi pada tubuh, kan? Karena itu, cari tahu cara mencegah pembentukan batu ginjal di tubuh, yuk!

1. Tetap Terhidrasi

Mengutip Urology Care Foundation, faktor penyebab utama batu ginjal adalah volume urine rendah yang terus-menerus.

Volume urine yang rendah biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang dehidrasi karena tidak minum cukup cairan, olahraga berat, bekerja, atau tinggal di tempat yang panas.

Saat volume urine rendah, urine pekat dan berwarna gelap. Urine yang pekat berarti ada lebih sedikit cairan untuk menjaga agar garam tetap larut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm