Ilustrasi nasi megono.
Ilustrasi nasi megono. ( Dok. Shutterstock/Maharani afifah)

Gunakan Iga Kambing Muda, Berikut Resep Nasi Megono Khas Pekalongan

25 Juli 2022 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Nasi megono adalah makanan khas Pekalongan, salah satu jajanan kaki lima di wilayah pesisir utara Jawa Tengah. Nasi megono terdiri dari nangka muda, parutan kelapa, bunga kecombrang, diberi bumbu halus yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, dan ketumbar. Bahan-bahan tersebut kemudian dikukus hingga bumbu meresap dan nangka matang. Setelah itu disajikan bersama nasi, cumi, ayam, atau ikan. Nasi megono memiliki variasi isian dan bumbu seperti di Wonosobo ditambah ebi pada parutan kelapa, memberikan rasa gurih pada nasi megono. Simak resep nasi megono khas Pekalongan dengan iga kambing muda, dikutip dari buku "Sajian Resto Selera Indonesia - Nasi Sepinggan Favorit" (2020) karya Wahyuni Mulyawati & Ilse Harahap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep nasi megono khas Pekalongan

Bahan:

500 gram iga kambing muda

1 liter untuk merebus

1 sdt garam

200 gram nangka muda

1 bunga kecombrang

4 bawang merah

3 siung bawang putih

4 buah cabai merah

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm