Ilustrasi gemblong goreng empuk.
Ilustrasi gemblong goreng empuk. ( SHUTTERSTOCK/ Narsiskus Tedy)

Berikut Cara Membuat Gemblong,, Kudapan Tradisonal Khas Betawi

13 Agustus 2022 14:39 WIB

SonoraBangka.id -  Bagi banyak orang, nama Ismail Marzuki mungkin tak asing lagi . Berkat jasanya menciptakan lagu-lagu nasional, Ismail marzuki mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional. Namanya pun diabadikan di pusat seni Jakarta, yakni Taman Ismail marzuki. Pahlawan nasional yang terkenal dengan karya-karyanya yang terus berkumandang hingga kini. Sebut saja Rayuan Pulau Kelapa dan Halo Halo Bandung. Dua lagu ini merupakan karya Ismail Marzuki.  Asal daerah Ismail marzuki sendiri adalah Jakarta. Jakarta, khususnya Betawi, memiliki beragam kudapan tradisional yang lezat. Salah satunya gemblong. Gemblong merupakan kue tradisional khas Betawi yang terbuat dari tepung ketan dan memiliki rasa manis. Simak resep gemblong dari buku "Kuliner Betawi Selaksa Rasa & Cerita" (2016) oleh Akademi Kuliner Indonesia terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Resep gemblong

Bahan:

150 gr tepung ketan

1/4 sdm garam

1 1/2 butir kelapa setengah tua,parut memanjang

Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:

50 gr gula merah, sisir halus

2 sdm air

1 lembar daun pandan, simpulkan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm