Ilustrasi sop kikil (kaki sapi).
Ilustrasi sop kikil (kaki sapi). ( SHUTTERSTOCK/YESI RAHMADILA)

Berkuah Kaldu Yang Segar, Berikut Cara Membuat Sop Kikil Khas Surabaya

13 Agustus 2022 15:10 WIB

SonoraBangka.id -  Kota Pahlawan atau kota Surabaya populer dengan tokoh kemerdekaan  yaitu Sutomo atau lebih dikenal Bung Tomo. Bung Tomo membangkitkan semangat para pemuda Surabaya melalui siaran radio agar tak pantang menyerah melawan tentara sekutu. Tokoh yang mengobarkan semangat perlawanan pemuda Surabaya, pada peristiwa pertempuran 10 November 1945. Di Surabaya dibangun sebuah Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember sebagai pengingat perjuangan Bung Tomo yang bisa kamu kunjungi saat ke Kota Pahlawan.

Selain itu, jangan lewatkan wisata kuliner mencicipi makanan khas Surabaya, salah satunya sop kikil. Kamu bisa membuatnya sebagai menu makan siang yang segar dengan daging kikil yang  empuk jika kamu  belum sempat ke Surabaya untuk mencoba sop kikil. Simak resep sop kikil khas Surabaya, dikutip dari buku "Kumpulan Resep Masakan Tradisional dari SABANG sampai MERAUKE" (2012) karya Badiatul Muchlisin Asti dan Laela Nurisysyafaah terbitan Media Pressindo.

Resep sop kikil khas Surabaya

Bahan:

2 buah kikil sapi, direbus hingga empuk

40 gram laos, memarkan

Daun serai

Daun jeruk

200 gram tomat

150 gram kol putih

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm