Ilustrasi mi kocok medan dengan sambal merah pedas.
Ilustrasi mi kocok medan dengan sambal merah pedas. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo)

Santap Bersama Sambal Merah, Berikut Cara Membuat Mi Kocok Medan

13 Agustus 2022 15:35 WIB

SonoraBangka.id -  Pahlawan revolusi asal Sumatera Utara yang pernah menjabat sebagai Wakil Panglima Besar Angkata Perang Republk Indonesia (APRI) pada 1948 ialah Abdul Haris Nasution atau dikenal dengan nama AH Nasution . AH Nasution mempelopori pembentukan pemerintahan militer Indonesia saat Agresi Militer Belanda II.  Sepak terjang AH Nasution semasa melawan penjajahan begitu berpengaruh ke banyak tempat di Indonesia.  Seperti  bertugas menjaga keamanan di Jawa Barat, terlibat dalam peristiwa Bandung Lauta Api, hingga berhasil merebut kembali tanah Madiun dari penjajah.

Mendekati perayaan hari kemerdekaan republik Indonesia pada 17 Agustus, momen ini dapat dirayakan dengan menyantap makanan yang berasal dari tanah kelahiran AH Nasution di Sumatera Utara. Mi kocok medan merupakan salah satu makanan yang bisa kamu coba.

Cita rasa hangat dari rempah kuah kaldu akan terasa nikmat disantap dengan tambahan sambal pedas, bawang goreng, dan kerupuk kanji. Sajian ini dibuat dari campuran mi, sayur, telur, daging ayam, dan disiram kuah kaldu ayam dan udang.  Resep mi kocok medan dapat dilihat di buku "Resep Masakan Nusantara Favorit dari Aceh Hingga Papua" (2013) karya Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan Penerbit Andi berikut. 

Resep mi kocok medan

Bahan mi kocok medan:

500 gram mi basah 

200 gram taoge (seduh dengna air mendidih)

1/2 ekor ayam (rebus dan potong daging)

1 buah tahu (goreng dan potong dadu)

3 butir telur rebus 2 gram ebi (sangrai dan haluskan)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm