Transmisi otomatis model CVT milik Honda All New BR-V(kompas.com)
Transmisi otomatis model CVT milik Honda All New BR-V(kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Lagi Arti Angka dan Huruf pada Tuas Transmisi Mobil Matik

23 Agustus 2022 16:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagian besar pembeli mobil saat ini lebih memilih transmisi otomatis alias matik. Hal tersebut tak lepas dari sisi kemudahan yang ditawarkan saat berkendara.

Tapi bagi pengemudi yang baru bisa mengendarai mobil matik, atau yang sebelumnya biasa membawa mobil manual, perlu melakukan adaptasi lebih dulu.

Masalahnya, pada tuas transmisi mobil matik, terdapat kode berupa huruf dan angka, yang masing-masing punya arti serta fungsi berbeda.

Bahkan, kode pada tuas transmisi matik juga bisa berbeda antara satu pabrikan mobil dengan pabrikan lainnya.

Karena itu, penting bagi pengguna mobil matik memahami dulu arti dan fungsi dari deretan kode yang tersaji. Khususnya bagi pengendara baru.

Bambang Sri Haryanto, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang mengatakan, tiap tipe mobil memiliki perbedaan model tuas transmisi gate dan straight, namun dari sisi pengoperasian sebenarnya sama saja.

"Umumnya kombinasi huruf dan angka pada transmisi matik seperti P-R-N-D-2-L, ada juga lagi P-R-D-D3-2-L, lalu ada yang hanya P-R-N-D-S. Pada dasarnya sama saja, yang penting mengerti fungsinya masing-masing," kata Bambang, kepada Kompas.com, Senin (22/8/2022).

Beda halnya model transmisi manual, angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil matik ini tidak mengacu pada gigi percepatan. Namun lebih ke masalah fungsinya masing-masing.

Berikut arti dari kode angka maupun huruf pada tuas transmisi mobil otomatis:

P (Parking)

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm