Ilustrasi suku bunga acuan.
Ilustrasi suku bunga acuan. ( KOMPAS.com)

Tak Selalu Buruk, Kenaikan Suku Bunga BI Justru Untungkan Nasabah Deposito

26 Agustus 2022 16:23 WIB

SonoraBangka.ID - Kenaikan suku bunga acuan acuan Bank Indonesia (BI) ternyata tidak melulu berdampak buruk. Kenaikan suku bunga BI ini justru membuat masyarakat yang menyimpan uang di deposito semingrah.

Ekonom Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira mengatakan, dengan kenaikan suku bunga BI maka perbankan akan menaikkan suku bunga produk depositonya.

Hal ini merupakan penyesuaian yang lumrah terjadi begitu bank sentral menaikkan suku bunga acuan. Sebab, perbankan tidak ingin simpanan nasabah di deposito ditarik lantaran nasabah sudah tidak tertarik dengan bunga deposito yang ditawarkan.

"Jadi kenaikan suku bunga acuan itu kan imbasnya nanti kepada bunga deposito pasti disesuaikan, memang begitu dari sisi moneternya," ujarnya dikutip dari kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Dia menjelaskan, jika bank tidak menaikkan bunga deposito di kala kenaikan suku bunga BI, maka imbal hasil dari deposito akan tergerus inflasi.

Hal ini akan membuat nasabah menarik simpanan depositonya dari bank dan mengalihkan dananya ke instrumen investasi lain yang dapat memberikan imbal hasil yang lebih tinggi.

"Jadi alurnya, subung acuan naik, bunga deposito naik untuk jaga likuiditas perbankan. Deposannya happy, uangnya tetap di perbankan disimpan tidak jadi dialihkan ke aset lainnya," jelas Bhima.

Namun, kenaikan bunga deposito ini rupanya menambah beban perbankan lantaran harus membayarkan imbal hasil deposito ke nasabah lebih tinggi.

Oleh karenanya, perbankan berupaya untuk menaikkan suku bunga kredit supaya tidak menanggung beban cost of fund yang terlalu tinggi.

"Bank itu kan juga cari dana lewat deposito, nah itu bunganya akan lebih mahal jadi akan membuat cost of fund dari perbankan akan naik. Itulah yang membuat semakin cepat bank menyesuaikan suku bunga pinjamannya," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Selalu Buruk, Kenaikan Suku Bunga BI Justru Untungkan Nasabah Deposito", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/08/26/153000726/tak-selalu-buruk-kenaikan-suku-bunga-bi-justru-untungkan-nasabah-deposito.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm