Mobil Haruns Marabina dengan gaya modifikasi stance menggunakan pelek kolaborasi dengan HSR Wheels(HSR Wheels)
Mobil Haruns Marabina dengan gaya modifikasi stance menggunakan pelek kolaborasi dengan HSR Wheels(HSR Wheels) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Ukuran Pelek Mobil Lebih Besar Bisa Membuat Boros Konsumsi BBM?

29 Agustus 2022 19:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemilik mobil memang gemar memodifikasi pelek menjadi lebih besar, baik lebarnya maupun diameternya. Hal itu akan membuat tampilan mobil menjadi lebih tampan dengan pelek variasi.

Cuma saja, mengubah diameter dan lebar tapak ban bisa membuat dampak pada konsumsi bahan bakar. Pelek yang lebih besar akan membuat kendaraan lebih boros bahan bakar.

Lalu, bagaimana penjelasan detailnya pelek lebih besar bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan ukuran pelek atau lebih tepatnya ukuran roda yang lebih besar diameternya atau pun lebarnya bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

“Betul, ukuran pelek atau roda yang lebih besar dari yang ditentukan pabrikan bisa membuat lebih boros bahan bakar dan akan banyak terlihat kalau jalannya banyak berhenti dan jalan lagi atau saat pelan-pelan,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Senin (29/8/2022).

Dia mengatakan perbedaan konsumsinya akan terlihat kentara pada saat mobil melaju pelan atau melewati jalanan perkotaan yang banyak poldur atau kemacetan. Hal itu karena penyebab utama borosnya ada pada angkatan awal kendaraan melaju.

“Bukan gaya gesek saja namun karena diameter yang lebih besar maka butuh tenaga lebih banyak untuk memutarkan roda,” ucap Bambang.

Jadi, menurut dia diameter roda yang lebih besar akan membuat kendaraan lebih berat dalam melaju, mengingat roda adalah penggerak kendaraan. Berbeda dengan ukuran roda yang lebih kecil, maka untuk mengawali pergerakan roda lebih ringan.

“Ban yang lebih besar, secara akselerasi akan lebih lambat dibandingkan dengan menggunakan ban diameter lebih kecil,” ucap Bambang.

Logikanya, dengan roda gigi serta lengan pedal yang sama mengayuh roda sepeda yang berdiameter lebih besar pasti lebih berat daripada yang rodanya kecil.

Hal itu ternyata juga berlaku di mobil, dengan mesin yang sama diameter roda akan berdampak pada konsumsi bahan bakar saat awal jalan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Ukuran Pelek Mobil Lebih Besar Bikin Boros Konsumsi BBM?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/29/151200515/mitos-atau-fakta-ukuran-pelek-mobil-lebih-besar-bikin-boros-konsumsi-bbm-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm