ilustrasi ramen khas Jepang dengan berbagai topping.
ilustrasi ramen khas Jepang dengan berbagai topping. ( SHUTTERSTOCK/Alona Bogdanova)

Bertekstur Kenyal Dan Lentur, Berikut Cara Mmebuat Ramen Rumahan

1 September 2022 12:32 WIB

SonoraBangka.id - Ramen merupakan kuliner khas Jepang yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Kamu mungkin salah satu orang yang pernah menyantap ramen di restoran. Tekstur ramen kenyal dan lentur, sedangkan warnanya kekuningan. Kuah ramen biasanya terbuat dari kaldu daging hangat yang rasanya umami. Kamu dapat menggunakan vital wheat gluten yaitu suplemen protein yang akan membantu tekstur mi menjadi lebih kenyal. Namun, kamu bisa tidak menggunakan vital wheat gluten. Pasalnya, tepung untuk membuat ramen sudah mengandung protein tinggi yang dapat membuat mi kenyal. Siapa sangka, ramen ala Jepang bisa dibuat di rumah. Mari simak resep ramen jepang dari Serious Eats berikut ini.

Resep ramen rumahan

Bahan ramen

6 gram soda kue panggang

4 gram garam

160 ml air

396 gram tepung terigu protein tinggi

4 gram vital wheat gluten

Cara membuat ramen rumahan

1. Ramen: tambahkan soda kue panggang ke dalam air dan aduk hingga larut sepenuhnya, sekitar satu menit. Tambahkan garam, dan aduk sampai benar-benar larut.

2. Campurkan vital wheat gluten dan tepung roti ke dalam food processor yang dilengkapi dengan pisau logam atau stand mixer. Aduk hingga tercampur rata, sekitar 30 detik dalam food processor atau satu menit dengan kecepatan rendah dalam stand mixer.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm