Kenaikan harga Pertamax(PERTAMINA)
Kenaikan harga Pertamax(PERTAMINA) ( KOMPAS.COM)

Walau Naik, Pertamina Klaim Harga Pertamax Masih Sangat Kompetitif

4 September 2022 18:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tak cuma bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Solar dan Pertalite, pemerintah juga ikut mengerek banderol Pertamax mulai 3 September 2022.

Dari semula cuma Rp 12.500 per liter, saat ini harga Pertamax menjadi Rp 14.500 per liter. Namun demikian, kenaikan pada BBM RON 92 tersebut diklaim masih sangat kompetitif di Indonesia.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, mekanisme penyesuaian harga secara berkala dilakukan seperti sebelum pandemi.

Hal ini lantaran Pertamax sebagai BBM non-subsidi yang secara harga fluktuatif mengikuti perkembangan terkini dan tren dari industri minydak dan gas, terutama ICP atau minyak dunia.

Irto mengatakan, dalam beberapa bulan terakhir harga Pertamax tidak disesuaikan secara berkala mengikuti tren ICP, sehingga sampai dengan saat ini harga jual Pertamax terdapat selisih dengan harga keekonomian.

"Tercatat sejak Maret hingga September 2022, BBM RON 92 yang setara Pertamax sudah disesuaikan secara berkala oleh badan usaha lain, sedangkan Pertamax baru sekali penyesuaian harga pada April lalu," kata Irto, dalam keterangan resminya, Minggu (4/9/2022).

Dengan tren harga minyak dunia yang masih cukup tinggi, sekitar 94.17 Dollar Amerika Serikat per barel pada Agustus lalu, Pertamina Patra Niaga menetapkan harga baru Pertamax yang berlaku mulai tanggal 3 September 2022.

Untuk harga jual Pertamax saat ini menjadi Rp 14.500 per liter bagi wilayah DKI Jakarta, atau daerah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar lima persen.

"Penetapan harga ini sudah sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU). Jika dibandingkan dengan seluruh produk RON 92, harga Pertamax masih paling kompetitif," tambah Irto.

Lebih lanjut Irto mengatakan, penyesuaian harga akan terus diimbangi dengan ketersediaan stok serta jaminan distribusi ke seluruh SPBU di Indonesia. Hal ini telah menjadi komitmen Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional.

"Dari segi harga juga tetap dijaga paling kompetitif. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, dan ke depan harga Pertamax akan terus dievaluasi mengikuti tren harga minyak dunia, ini sudah berlaku ketika kemarin Pertamina mengevaluasi dan menurunkan harga Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex," katanya.

Klaim kompetitif tentu tak lepas dari adanya subsidi yang diberikan pemerintah. Karena seperti diketahui, sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, mobil-mobil mewah yang mengonsumsi RON 92 ternyata ikut menikmati pemberian subsidi dari pemerintah.

Harga eceran yang digunakan Pertamax saat itu masih Rp 12.500 per liter, harusnya jika mengikuti kurs serta ICP, per liternya dipasarkan Rp 17.500. Tapi pemerintah memberikan subsidi untuk sisanya, yakni Rp 4.800 per liter guna mencegah kenaikan yang tinggi pada Pertamax.

"Pertamax sekalipun yang dikonsumsi oleh mobil-mobil yang biasanya bagus, berarti yang pemiliknya juga mampu, itu setiap liternya mendapat subsidi," ujar Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Naik, Pertamina Klaim Harga Pertamax Paling Kompetitif", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/04/153100815/meski-naik-pertamina-klaim-harga-pertamax-paling-kompetitif?page=all#page2.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm