Ilustrasi grafik harga Dogecoin selama tiga tahun terakhir.
Ilustrasi grafik harga Dogecoin selama tiga tahun terakhir. ( Coindesk)

Harga Kripto Dogecoin Naik 140 Persen Setelah Elon Musk Beli Twitter

4 November 2022 16:28 WIB

SonoraBangka.ID - Elon Musk resmi menjadi pemilik Twitter setelah membeli perusahaan tersebut senilai 44 miliar dollar AS (Rp 688 triliun).

Keputusan itu ternyata turut berdampak positif pada harga kripto Dogecoin yang naik dua kali lipat lebih. Pasalnya, orang-orang beranggapan bahwa Elon Musk akan mengintegrasikan uang kripto itu ke Twitter.

Harga Dogecoin naik 140 persen sejak pekan lalu, atau setelah Musk resmi jadi pemilik Twitter. Berkat kenaikan tersebut, kapitalisasi pasar Dogecoin nyaris menyentuh 20 miliar dollar AS (Rp 312 triliun).

Sebagai pembanding, Bitcoin memiliki kapitalisasi padar di bawah 400 miliar dollar AS (Rp 6.258 triliun). Ethereum, Cardano dan Solana memiliki kapitalisasi pasar masing-masing 190 miliar dollar AS (Rp 2.971 triliun), 14 miliar dollar AS (Rp 219 triliun) dan 11 miliar dollar AS (Rp 172 triliun), dihimpun dari Forbes.

Harga kripto ternama lainnya sebenarnya juga naik dalam sepekan ini, akan tetapi peningkatannya tak sesignifikan Dogecoin.

Pantauan dari situs CoinMarketCap, Rabu (2/11/2022), harga Dogecoin kini dibanderol 0,1466 dollar AS (Rp 2.293), naik 15,70 persen dibanding hari sebelumnya. Padahal sepekan lalu atau pada 26 Oktober 2022, harganya hanya 0,06616 dollar AS (Rp 1.035) per keping koin.

Elon Musk sendiri memang dikenal sebagai tokoh pendukung kripto Dogecoin. Cuitannya di Twitter bahkan kerap kali memengaruhi harga kripto tersebut.

Bentuk dukungannya seperti saat Elon Musk menerima Dogecoin sebagai alat pembayaran untuk mobil listrik Tesla.

Selain itu, Musk pernah mengumumkan peluncuran satelit SpaceX yang diberi nama Dogecoin. Sebagaimana namanya, misi tersebut akan dibayar memakai kripto Dogecoin sehingga menjadikan Dogecoin sebagai "kripto pertama di luar angkasa".

Karena serangkaian dukungan inilah orang-orang berspekulasi bahwa Elon Musk akan mengintegrasikan Dogecoin ke Twitter, sebagaimana praktik integrasi Dogecoin di Tesla dan SpaceX.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm