Ilustrasi anak dan gadget
Ilustrasi anak dan gadget ( shutterstock)

Ketahui 5 Tren Generasi Alfa yang Bisa Mengubah Masa Depan Dunia Kerja

11 November 2022 08:28 WIB

SonoraBangka.id - Sekarang ini kita mungkin sudah akrab dengan berbagai istilah generasi, seperti Gen X, Y dan Z.

Nah, sekarang ini sudah muncul generasi baru, yaitu Generasi Alfa yang lahir pada tahun 2010 hingga 2024.

Generasi Alfa ini sangat gesit dalam berteknologi dan disebut akan membentuk masa depan dunia kerja dengan cara yang luar biasa.

Bahkan, menurut lembaga penelitian McCrindle, Generasi Alfa akan mengisi 11% dari tenaga kerja secara global pada 2030.

Dari data tersebut, menurut Presiden Komisaris wagely, Dr. Alex Denni, perusahaan perlu mempersiapkan tempat kerja yang sesuai untuk Gen Alfa.

“Tidak pernah terlalu dini untuk mulai berpikir tentang Gen Alfa karena ini adalah kesempatan untuk meninjau dan menjelajahi strategi SDM yang akan memberi keunggulan bagi perusahaan dalam menarik dan mempertahankan generasi ini di kemudian hari,” ujar Alex.

Nah, untuk lebih memahami bagaimana perusahaan dapat mendukung generasi ini, mari kita lihat seperti apa masa depan dunia kerja yang akan dibentuk Gen Alfa.

1. Penerapan konsep Learning 5.1 di tempat kerja

Dalam buku terbarunya yang berjudul Learning 5.1: Tiba Duluan Di Masa Depan, Alex menjelaskan, karyawan di era Industri 5.0 termasuk Gen Alfa perlu memiliki mindset, skillset, dan toolset baru agar terus bertumbuh dan berkembang.

Ia menyarankan perusahaan agar menciptakan budaya learning di mana setiap karyawan mau belajar dan mengajar sambil bekerja sehingga tanpa sadar menjadi kompeten dalam mengerjakan tugas masing-masing.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm