Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin
Penjabat Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita )

Pj Gubernur Pastikan Harga dan Stok Bahan Pokok di Bangka Belitung Aman Menjelang Nataru 2022

13 Desember 2022 12:56 WIB

SonoraBangka.id - Jelang Natal dan Tahun Baru ( Nataru) 2022, Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Pj Gubernur Babel) Ridwan Djamaluddin menyakini, harga bahan pokok terkendali.

"Situasi ini lebih baik dari apa ekspetasi kita. Tadi kita khawatir akhir tahun ini terjadi gejolak-gejolak haga baik dari nataru atau cuaca, namun dari angka yang beredar masih terkendali," kata Ridwan, Selasa (13/12/2022).

Dia mengatakan, pemerintah provinsi sudah melakukan rapat dalam hal mengantisipasi inflasi (kenaikan harga).

Tak hanya itu, Ridwan juga menyebut pasokan bahan pokok menjelang Nataru pun cukup.

"Sembako cukup bagus, angka yang beredar hanya minyak goreng dan beras yang naik," kata Ridwan.

Dia mengimbau agar pelaku usaha tidak memanfaatkan momentum dan tetap mengendalikan harga.

"Saya tidak ingin menuduh dan membuat suasana tidak kondusif. Saya mengajak para pelaku usaha untuk saling menjaga. Mari kita lancarkan jalur peredaran, kendalikan harga agar masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau dan badan usaha tetap dapat keuntungan," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Pengendalian Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Disperindag Babel Fadjri Djagahitam memastikan stok bahan pokok hingga akhir tahun 2022 aman.

Hal ini melihat laporan rutin setuap minggu stok bahan pokok para distributor ke Disperindag Babel

"Untuk bahan kebutuhan pokok di Bangka Belitung, secara kemampuan dengan daya beli masyarakat sampai bulan Desember, sesuai harapan kami, tidak terlalu signifikan terjadi inflasi, artinya bahan pokok yang ada di distributor itu cukup sampai akhir tahun," kata Fadjri saat dihubungi Bangkapos.com.

Tak hanya pasokan bahan pokok, akan tetapi kemampuan daya beli masyarakat pun perlu dijaga dengan menstabilkan harga-harga bahan pokok.

"Dari data yang masuk setiap minggu itu, bahan pokok dilaporkan dan kami bisa prediksi per minggu, hingga akhir tahun. Insyaallah aman, sayur-mayur juga aman," tambahnya.

Sementara itu, Disperindag Babel juga mengawasi pasar untuk memantau harga bahan pokok.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Jelang Nataru 2022, Pj Gubernur Pastikan Harga dan Stok Bahan Pokok di Bangka Belitung Terkendali, https://bangka.tribunnews.com/2022/12/13/jelang-nataru-2022-pj-gubernur-pastikan-harga-dan-stok-bahan-pokok-di-bangka-belitung-terkendali.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm