Alat musik Asalato, bentuknya mirip dengan mainan lato-lato.
Alat musik Asalato, bentuknya mirip dengan mainan lato-lato. ( Tanya Audriatika / HAI ONLINE)

Yuk Kita Mengenal Asalato, Alat Musik Mirip Lato-lato tapi Suaranya Lebih Enak

9 Januari 2023 12:09 WIB

SonoraBangka.ID - Walaupun kini mainan lato-lato digandrungi semua orang dari segala usia, permainan tradisional satu ini seringkali bikin orang-orang jengkel ketika mendengar suara yang dihasilkan.

Tapi lo tau nggak? Ada satu alat musik asal Afrika Barat yang bentuknya mirip lato-lato, namun suara yang dihasilkan lebih enak didengar dibandingkan mainan tersebut, namanya Asalato.

Asalato atau Kashaka ini merupakan alat musik perkusi sederhana dari dua labu kecil yang diisi kacang lalu disatukan dengan seutas tali.

Alat musik Asalato, bentuknya mirip dengan mainan lato-lato.
Wikipedia
Asalatol, alat musik dari dua labu kecil yang diisi kacang lalu disatukan dengan seutas tali.

 Simplenya alat musik Asalato ini seperti dua marakas kecil yang dihubungkan dengan seutas tali.

Cara mainnya, satu labu dipegang di tangan, dan yang lainnya dengan cepat diayunkan dari satu sisi ke sisi lain di sekitar tangan, dari gerakan tersebut menciptakan suara ‘klak’ ketika beradu.

Di negara lain, Asalato atau Kashaka ini punya beragam nama, contohnya Patica (Jepang), Kosika (Amerika Serikat), Kes Kes, Tchangot Tche, Koshkah, dan masih banyak lagi.

Selain itu, karena tiap tangan pemainnya punya ukuran yang berbeda, penting buat lo untuk memainkan Asalato yang ukurannya tepat sesuai tangan lo.

Pasalnya, kalo ukurannya tepat, lo juga belajarnya jadi jauh lebih mudah dan lebih mudah mengusai ritmenya.

Diketahui, Asalato juga jadi alat pengembangan keterampilan yang bisa membantu meningkatkan ketangkasan, keterampilan ketangkasan, sinkronisasi otak, dan kemampuan multitasking.

Selain itu, Asalato juga bisa bikin massa otot dan meningkatkan fleksibilitas baik di tangan, lengan, bahu, dan dada.

Bahkan ini dianggap jadi alat meditasi yang bisa menciptakan alam bawah sadar, meningkatkan relaksasi, dan menurunkan tingkat stress.

Artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/073647305/mengenal-asalato-alat-musik-mirip-lato-lato-tapi-suaranya-lebih-enak

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm