Warga berdoa jelang Imlek di Kelenteng Hian Thian Siang Tee Bio, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2022). Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)
Warga berdoa jelang Imlek di Kelenteng Hian Thian Siang Tee Bio, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2022). Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA) ( TRIBUNNEWS.COM)

3 Legenda yang Populer mengenai Tahun Baru Imlek: Monster Nian hingga Iblis Sui

12 Januari 2023 20:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perayaan Tahun Baru Imlek jatuh pada 22 Januari 2023.

Ada sejumlah legenda tentang Tahun Baru Imlek yang populer.

Mulai dari Monster Nian hingga iblis bernama Sui.

Mengutip China Highlights, berikut adalah 3 legenda populer tentang Imlek:

1. Monster Nian

Hari Tahun Baru Cina disebut Guo Nian dalam bahasa Cina, yang dapat berarti 'merayakan (baru) tahun' atau 'mengatasi Nian'.

Karakter Nián bisa berarti 'tahun' atau 'monster Nian'.

Dahulu kala, ada monster bernama Nian dengan kepala panjang dan tanduk tajam.

Itu tinggal jauh di dalam laut sepanjang tahun dan cuma muncul setiap Malam Tahun Baru untuk memakan orang dan ternak di desa terdekat.

Maka dari itu, pada malam tahun baru, orang-orang akan mengungsi ke pegunungan terpencil untuk menghindari celaka dari monster tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm