Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK)

Jangan Tumis Terlalu Lama, Berikut 3 Cara Masak Pakcoy Agar Renyah

18 Januari 2023 21:59 WIB

SonoraBangka.id - Cara memasak pakcoy atau pokcoy cukup sederhana. Kamu bisa menumis maupun merebus sayur hijau ini. Ada tips memasak pakcoy agar renyah dan tetap hijau saat matang. Cara ini dibagikan langsung oleh Adit Gurnawijaya, alumni MasterChef Indonesia musim ke-7. Selengkapnya, simak tiga cara memasak pakcoy agar renyah berikut ini.

1. Blanch pakcoy

Sebelum menumis pakcoy, Adit menyarankan untuk menyiram sayur dengan air panas terlebih dulu. "Blanching dulu aja. Disiram air panas, terus pakcoynya ditaruh air dingin," jelasnya saat ditemui Kompas.com usai acara demo memasak di Sial Interfood 2022, Rabu (9/11/2022). 

2. Tumis pakcoy dengan api kecil Lihat 

Hindari menggunakan api kompor besar saat menumis pakcoy. Menurut Adit, suhu yang terlalu tinggi bisa membuat pakcoy cepat layu. Kamu bisa mengatur api kompor dengan suhu kecil atau sedang agar tekstur pokcoy tetap renyah saat matang. 

3. Tumis pakcoy selama tiga menit

Adit mengatakan, pakcoy sebaiknya tidak ditumis terlalu lama untuk menghindari kelayuan saat matang. Durasi maksimal menumis pakcoy yang disarankannya adalah tiga menit agar warnanya tetap hijau, teksturnya pun renyah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Pakcoy agar Renyah, Jangan Tumis Terlalu Lama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/11/11/150700675/3-cara-masak-pakcoy-agar-renyah-jangan-tumis-terlalu-lama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm