Kegiatan ekspor di gudang TKS Pangkalbalam
Kegiatan ekspor di gudang TKS Pangkalbalam ( Istimewa/ TKS)

Jelang Rencana Penghentian Ekspor oleh Indonesia, Harga Timah Melambung ke 23 Ribu USD per MT

30 Januari 2023 10:33 WIB

SonoraBangka.id - Seiring dengan rencana pemerintah Indonesia yang akan menghentikan ekspor timah, harga timah kembali naik.

Saat ini harga timah dunia mencapai 32.050 USD per MT.

Bisnis timah saat ini sedang tertuju pada Indonesia yang berencana menghentikan ekspor. Harga timah pada Januari ini menguat, dibanding beberapa bulan lalu.

Harga timah LME kembali pada tren naik yakni 32.050 untuk perdagangan spot London Metal Exchange di tanggal 29 Januari 2023. Sementara untuk perdagangan kontrak 3 bulan, harga timah mencapai 32.100 USD per MT.

Pemerintah memastikan akan menghentikan ekspor timah di tahun 2023. Kebijakan ini diprediksi bakal memberi pengaruh terhadap ekonomi Bangka Belitung.

Rencana penyetopan ekspor timah disampaikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Jokowi menyampaikan, pemerintah telah melarang ekspor nikel. Dia menuturkan, larangan ekspor ini akan dilanjutkan pada sejumlah komoditas.

"Kita telah menghentikan ekspor bahan mentah seperti nikel, bauksit dan nanti selanjutnya timah, tembaga dan lain-lain," kata Jokowi.

 Jokowi mengatakan, hilirisasi sumber daya alam merupakan salah satu prioritas investasi Indonesia.

"Meskipun muncul berbagai tantangan dalam hilirisasi sumber daya alam kita, kita akan tetap tegak berdiri, kita tidak akan goyah oleh tekanan-tekanan," kata Jokowi dalam video yang ditayangkan pada acara, Saratoga Investment Summit 2023, Kamis (26/1/2023). 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm