Ilustrasi sate ayam madura siram bumbu kacang, irisan bawang merah, dan jeruk nipis.
Ilustrasi sate ayam madura siram bumbu kacang, irisan bawang merah, dan jeruk nipis. ( SHUTTERSTOCK/OEN MICHAEL)

Lengkap Dengan Kuah Dan sambal, Berikut Ini Resep Sate Ayam Khas Blora

8 Februari 2023 20:36 WIB

SonoraBangka.id - Indonesia memiliki berbagai macam jenis sate, di setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Seperti sate ayam khas Blora Jawa Tengah berikut, disajikan dengan kuah dan sambal kacang. Bahan untuk membuat kuah sate ayam Blora dari bawang putih, bawang merah, kemiri, merica, jintan, kunyit, pala, lengkuas, santan, daun jeruk purut, serai, dan air asam jawa. Sementara untuk bahan ungkep ayam yaitu ketumbar, bawang putih, daun salam, lengkuas, dan serai. Simak resep sate ayam khas Blora, dikutip dari buku "Menu Sehari-hari Set Menu Lauk Ayam" (2020) karya Dewi Untari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep sate ayam khas Blora

Bahan sate ayam:

500 gram daging ayam fillet, potong dadu

700 ml air

2 lembar daun salam

1 cm lengkuas, memarkan 

1 batang serai, memarkan

1/2 sdt garam

Tusuk sate secukupnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm