Jonathan Santoso (15), entrepreneur muda budidaya kaktus saat ditemui di green house miliknya, Sabtu (28/1/2023
Jonathan Santoso (15), entrepreneur muda budidaya kaktus saat ditemui di green house miliknya, Sabtu (28/1/2023 ( Bangkapos.com/Nur Ramadhaningtyas )

Sukses Budidaya Kaktus, Bocah 15 Tahun Asal Bangka Tengah Raup Jutaan Rupiah per Bulan

5 Maret 2023 07:19 WIB

SonoraBangka.id - Untuk menjadi seorang entrepreneur bisa dimulai sejak kapan saja. Tak terkecuali saat masih sekolah.

Jonathan Santoso (15) bocah asal Padang Baru Bangka Tengah contohnya. Siswa SMP Pembinaan Kota Pangkalpinang itu kini sukses membudidaya kaktus di halaman rumahnya.

Jonathan mengaku bisa menjual 100 lebih pot kaktus beraneka jenis dalam satu bulan. Omset yang ia dapat kurang lebih bekisar Rp 5 juta - Rp 7 juta tiap bulannya.

Ditemui di green house miliknya di Dusun Merengkan No. 29 Kel. Benteng, Kec Padang Baru, Kab. Bangka Tengah, Jonathan atau akrab juga disapa Jojo terlihat tengah sibuk mengecek kurang lebih 1.000 pot koleksi kaktus miliknya.

Tangannya begitu terampil merawat ratusan jenis kaktus yang kebanyakan ia kawin silangkan sendiri.

Ia bercerita sejak dua tahun lalu, Jojo mulai terjun di dunia budidaya tanaman sekulen itu.

Ketertarikannya berasal dari corak dan warna kaktus yang rupawan. Ia pun betah setiap hari lepas sekolah menghabiskan waktu di green house ukuran 5x5 m2 itu.

Berbekal uang tabungan yang kemudian ditambah oleh orangtuanya, Jojo pelan-pelan memulai usaha budidaya kaktus.

Ia kemudian menelusuri, mempelajari, sekaligus menyelami ilmu tentang budidaya tanaman yang biasa hidup di gurun itu.

Jojo mengaku banyak "berguru" ke orang yang lebih dulu terjun di dunia tersebut. Siapa sangka, Jonathan yang saat itu baru berusia 13 tahun bisa menghasilkan Rp 800 ribu per minggu lewat kaktus yang ia lelang maupun dijual belikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm