Bapanas Dorong Bulog dan Pelaku Usaha Penggilingan Padi Perkuat Kerjasama untuk Tingkatkan Penyerapan Padi
Bapanas Dorong Bulog dan Pelaku Usaha Penggilingan Padi Perkuat Kerjasama untuk Tingkatkan Penyerapan Padi ( Badan Pangan Nasional)

Dongkrak Penyerapan Beras, Bulog Diminta Perkuat Kerja Sama dengan Pengusaha Penggilingan Padi

11 Maret 2023 08:55 WIB

SonoraBangka.ID - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mendorong Perum Bulog dan pelaku usaha penggilingan padi memperkuat kerja sama untuk meningkatkan serapan beras pada panen raya di Maret sampai dengan Mei 2023.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, salah satu kunci untuk meningkatkan serapan beras Bulog adalah melalui penguatan kerja sama dengan pelaku usaha penggilingan padi, utamanya penggilingan padi skala kecil dan sedang.

“Dengan menggandeng penggilingan padi kecil dan sedang, selain mendapatkan serapan beras untuk meningkatkan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP), Bulog juga turut mendukung keberlangsungan usaha para penggilingan padi tersebut,” ujarnya dalam siaran resminya, Jumat (10/3/1023).

Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki Bulog, Arief memastikan, kerja sama antara Bulog dan penguasa penggilingan akan berjalan saling menguntungkan. Menurutnya, melalui penugasan penyerapan 2,19 juta ton dengan target pemenuhan 70 persen pada panen raya sampai dengan Mei ini, artinya Bulog siap menyerap dengan jumlah besar.

Di samping itu, BUMN Pangan ini juga telah menyiapkan sejumlah rencana pengadaan yang memungkinkan dilakukan penyerapan dengan berbagai skema, diantaranya skema Cadangan Beras Pemerintah (CBP), fleksibilitas, atau melalui skema komersial.

“Bulog sudah kita tugaskan untuk meningkatkan serapan pada panen raya ini. Kerja sama dan transaksi dengan Bulog juga kita jaga agar saling menguntungkan. Kalau penggilingan padi punya beras dengan kualitas dan harganya cocok, Bulog siap langsung serap, cash and carry,” ujarnya.

Lebih lanjut Arief mengatakan, peningkatan serapan beras Bulog menjadi prioritas yang terus dikerjakan. Mengingat, hal tersebut merupakan kunci untuk ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang disiapkan sebagai instrument pengendalian harga dan antisipasi kondisi kedaruratan.

“Bapak Presiden menekankan agar semua pihak bersama-sama menjaga harga beras agar stabil, karena beras ini adalah salah satu komoditas yang memberikan andil terhadap inflasi,” jelasnya.

Adapun upaya peningkatan serapan beras Bulog melalu penggilingan padi merupakan salah satu di antara sejumlah strategi yang disiapkan.

Arief menjelaskan, saat ini, Bulog juga telah membangun Modern Rice Milling Plant (MRMP) di 13 lokasi untuk menambah potensi penyerapan gabah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm