Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.(ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.(ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA) ( KOMPAS.COM)

Cegah Kecelakaan, Menhub Imbau Masyarakat tidak menggunakan motor untuk mudik

14 Maret 2023 20:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Menurut data hasil survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diprediksi jumlah arus mudik Lebaran tahun ini akan membeludak dibanding tahun lalu.

Pengguna kendaraan pribadi diperkirakan jumlahnya masih mendominasi, termasuk pemudik sepeda motor.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan bagi pengguna motor, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengimbau masyarakat memanfaatkan program mudik gratis.

"Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi," ucap Budi dalam keterangan resminya, Senin (13/3/2023).

Lebih lanjut Budi mengatakan, program mudik gratis bisa dimanfaatkan tak cuma bagi penumpang, namun juga untuk motor dengan fasilitas angkutan gratis. Dengan demikian, masyarakat tetap bisa bermobilitas di tempat tujuan.

Program mudik gratis diselenggarakan dengan tujuan mengurangi masyarakat yang menggunakan motor ke kampung halaman saat Lebaran.

Secara jumlah, diperkirakan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

"Kita lihat penggunaan motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin," kata Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " Cegah Kecelakaan, Menhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Menggunakan Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/14/093100815/-cegah-kecelakaan-menhub-imbau-masyarakat-tak-mudik-menggunakan-motor.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm