Menteri Investasi Indonesia dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.
Menteri Investasi Indonesia dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. ( Dok. Kementerian Investasi/BKPM)

Bahlil: Butuh Stabilitas Politik Demi Target Realisasi Investasi Rp 1.400 Triliun

15 Maret 2023 08:18 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan, stabilitas politik, hukum dan ekonomi menjadi faktor penting dalam mendorong tercapainya target realisasi investasi di 2023 sebesar Rp 1.400 triliun.

Menurutnya, stabilitas politik perlu dijaga demi menjaga stabilitas ekonomi nasional. Hal itu dia kemukakan dalam Rapat Kerja Teknis Badan Reserse Kriminal Polisi Republik Indonesia Tahun Anggaran 2023 di Bandung, Selasa (14/3/2023).

"Stabilitas negara perlu kita jaga, apalagi mengingat saat ini kita memasuki tahun politik. Kalau ingin target realisasi investasi tahun ini dapat tercapai maka kita perlu jaga stabilitas bersama-sama," ucapnya dikutip dari siaran pers Kementerian Investasi.

"Investasi menjadi instrumen menciptakan kawasan ekonomi baru. Adanya kawasan ekonomi baru dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," lanjut Bahlil.

Dia juga mengapresiasi peran Polri yang selama ini bersama-sama menjadi bagian dalam Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi telah membantu menyelesaikan banyak persoalan investasi yang terjadi di lapangan.

"Hal ini dapat kita capai dengan sinergi yang baik antara kementerian/lembaga dengan TNI dan Polri. Kami di Kementerian Investasi berterima kasih kepada Polri yang sudah bekerja bersama dalam Satgas Percepatan Investasi untuk mewujudkan iklim investasi yang baik di daerah," kata Bahlil.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menuturkan, pentingnya menjaga stabilitas nasional menjelang pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2024.

Polri kata Airlangga, memiliki peran penting selaku penyidik untuk mendukung berbagai kebijakan atau program nasional memasuki tahun politik ini.

"Polri bertanggung jawab untuk mengawal proyek strategis nasional serta pemindahan ibu kota negara menuju Ibu Kota Nusantara. Peran Polri menjadi semakin penting dalam mewujudkan pelaksanaan pemilu yang aman. Hal ini untuk menunjukkan stabilitas politik kepada para investor juga demi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahlil: Butuh Stabilitas Politik Demi Target Realisasi Investasi Rp 1.400 Triliun", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/03/14/214000926/bahlil--butuh-stabilitas-politik-demi-target-realisasi-investasi-rp-1.400.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm