Ilustrasi loyang kue.
Ilustrasi loyang kue. ( Dok. Shutterstock/vi mart)

Agar Kembali Kinclong, Berikut Ini 6 Cara Bersihkan Loyang Kue

15 Maret 2023 16:03 WIB

SonoraBangka.id -  Menjelang bulan puasa dan lebaran, tidak ada salahnya untuk mulai membersihkan alat yang akan digunakan untuk memeriahkan meja makan rumah. Misalnya saja dengan membersihkan loyang kue yang ada di dapur rumah. Walau sudah tertata rapi di lemari, tetapi kamu perlu membersihkannya dari kotoran atau debu yang menempel. Simak cara bersihkan loyang kue dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Baking soda dan aluminium foil

Dilansir dari laman Taste of Home, gunakan baking soda yang sudah dicampurkan dengan air sehingga membentuk pasta. Oleskan ke permukaan loyang kemudian remas aluminium foil yang sudah dikepalkan. Gosok dengan mengangkat sisa kotoran yang menempel pada loyang.

2. Gunakan soda kue dan air hangat

Kamu bisa mencampurkan soda kue dan air hangat kemudian oleskan pada permukaan loyang. Tunggu sekitar 30 menit kemudian gosok dengan spon, seperti yang dilansir dari laman NYTimes. Setelah itu, cuci loyang secara menyeluruh dengan sabun piring dan air yang bersih.

3. Gunakan pembersih oven

Kamu juga bisa menggunakan pembersih oven. Gunakan sekitar satu semprot pemebersih oven di permukaan loyang. Biarkan selama 15 menit dan gosok dengan sabut baja kotoran yang menempel akan hilang dengan mudah.

4. Saus tomat

Walau terbilang aneh, tetapi saus tomat bisa dioleskan ke permukaan loyang. Oles pada sudut loyang dan biarkan selama satu malam. Gosok dan bilas loyang hingga bersih dan kinclong.

5. Baking soda dan cuka

Kamu juga bisa mencampurkan baking soda dan cuka. Oleskan pada permukaan loyang dan biarkan selama satu malam. Kikis kotoran yang masih menempel pada loyang dan bilas dengan air hangat dan sabun.

6. Krim tartar dan cuka

Campurkan krim tartar pada cuka. Aduk rata dan hingga teksturnya menjadi pasta. Oleskan pada loyang aluminium dan diamkan selama 1 jam. Gosok dengan spons dan air hangat. Oleskan pasta pada permukaan dan bilas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Bersihkan Loyang Kue Kembali Kinclong", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/03/14/131700475/6-cara-bersihkan-loyang-kue-kembali-kinclong?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm