Ilustrasi belanja online
Ilustrasi belanja online ( Shutterstock)

Hati-Hati Penipuan Online, Semakin Bombastis Semakin Kita Harus Kritis

22 Maret 2023 20:30 WIB

SonoraBangka.id - Kebiasaan berbelanja online yang semakin terbentuk ketika masyarakat mengalami keterbatasan kegiatan di luar rumah sejak pandemi Covid-19.

Saat belanja online, biasanya toko banyak menawarkan diskon, mulai dari diskon ongkos kirim, hingga diskon harga produk yang bombastis.

Siapa yang tak tergoda? Namun, tentu saja tak semua tawaran diskon bisa dipercaya. Kenapa? Karena bisa jadi ada beberapa di antaranya yang hanyalah modus penipuan semata.

Bukan apa-apa, tak sedikit konsumen yang tertipu karena diiming-imingi diskon besar saat belanja online.

Oleh karenanya, kita tetap harus cermat saat berbenja online dengan memami modus-modus penipuan yang sering terjadi.

Dengan begitu kita bisa belajar dan mencegah penipuan belanja online terjadi pada diri kita.

Kepada NOVA, Firman Kurniawan, Pemerhati Digital memaparkan banyak modus penipuan oknum pedagang toko online yang terjadi.

Salah satunya dengan memainkan psikologis pembeli.

“Menurut pikiran konsumen, produk tersebut semestinya mahal. Sehingga enggak banyak orang yang mampu membelinya. Lalu tiba-tiba ditawarkan dengan harga murah dengan diskon yang cukup besar, atau dengan bundling membeli sesuatu kemudian mendapatkan sesuatu, atau hadiah,” jelas Firman.

Lantas, bagaimana modus-modus penipuan ini biasa dilancarkan?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm