PT Pertamina (Persero) menyiapkan mobil tangki dispenser untuk mengantisipasi antrean panjang di SPBU selama musim mudik Lebaran 2023.
PT Pertamina (Persero) menyiapkan mobil tangki dispenser untuk mengantisipasi antrean panjang di SPBU selama musim mudik Lebaran 2023. ( DOK. Pertamina)

Antisipasi Antrean Panjang di SPBU, Pertamina Siapkan Mobil Tangki Dispenser

12 April 2023 10:44 WIB

SonoraBangka.ID - PT Pertamina (Persero) menyiapkan mobil tangki dispenser untuk mengantisipasi antrean panjang di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) selama musim mudik Lebaran 2023

Direktur Utama (Dirut) Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan mobil tangki dispenser akan ditempatkan pada area-area tertentu. Sehingga pengguna jasa akan memiliki banyak alternatif untuk mengisi BBM dan tidak berkumpul di SPBU saja.

"Kami tempatkan modular di sana untuk memecah antrean di SPBU yang reguler, kami juga menempatkan semacam mobil tangki dispenser, mobil tangki yang juga bisa beroperasi seperti SPBU namanya mobil tangki dispenser," ujar Alfian dilansir dari Antara, Selasa (11/4/2023).

Lebih lanjut, Alfian menjelaskan, Pertamina juga menyiapkan beberapa mobil tangki untuk dapat menyalurkan BBM secara langsung, yang fungsinya mirip seperti mobil tangki dispenser.

"Itu ada sekitar 140-an yang telah kami siapkan," kata Alfian.

Alfian mengatakan, Pertamina sudah siap 100 persen dalam menghadapi musim mudik Lebaran 2023.

Menurutnya, Pertamina sudah melakukan peningkatan inventory untuk antisipasi jumlah pemudik dan peningkatan konsumsi BBM terutama gasolin.

"Kami juga telah mempersiapkan infrastruktur pendukung, semua pelayanan terhadap masyarakat yang butuh BBM yaitu di SPBU, agen LPG dan sebagainya itu akan kami persiapkan dengan baik termasuk ke aparat dan kepolisian untuk pengawalan mobil tangki supaya tidak terjadi kemacetan terutama dengan pemda, BNPB untuk antisipasi bencana," kata Alfian.

Siapkan SPBU berjalan

Selain mobil tangki dispenser, Pertamina juga menyiapkan motor pengangkut bahan bakar minyak (BBM) atau motoris sebanyak 391 unit. Motoris ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengisi bahan bakar di tengah perjalanan mudik.

Keberadaan 'SBPU berjalan' tersebut sebagai antisipasi jika terdapat pemudik yang kehabisan bensin di tengah jalan akibat kemacetan lalu lintas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm