Ilustrasi mengemudi(unsplash/Mesha Mittanasala)
Ilustrasi mengemudi(unsplash/Mesha Mittanasala) ( KOMPAS.COM)

Hal Sepele Ini Bisa Berdampak Fatal jika Dilakukan Saat Mengemudi

22 April 2023 19:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Aktivitas Mengemudikan mobil butuh konsentrasi yang tinggi agar tidak terjadi kecelakaan. Salah satunya dengan tidak melakukan hal-hal yang membahayakan yang dapat mengubah kendali laju kendaraan tanpa disengaja.

Mengubah posisi tempat duduk, baik maju mundur, atau mengubah sudut tegak lurus jok, bisa menyebabkan pengemudi kehilangan kendali mobil bahkan dalam sekejap bisa menyebabkan celaka.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, pengaturan tempat duduk sebaiknya dilakukan ketika mobil berhenti supaya terhindar dari risiko celaka.

“Ketika pengemudi mengubah pengaturan tempat duduk, baik maju atau mundur maka saat itu juga pengemudi sedang tidak memiliki kuda-kuda yang kuat, sehingga bisa saja mengubah arah laju kendaraan lewat roda kemudi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (21/4/2023).

Begitu juga ketika sandaran tempat duduk diubah sudutnya, seketika pengemudi akan kehilangan dudukan yang baku sehingga rawan menarik roda kemudi ke salah satu sisi tanpa disengaja.

“Sama juga dengan meletakkan benda di bawah jok pengemudi, itu bisa mengganjal pengunci tempat duduk, sehingga bisa bergeser ke depan dan belakang tanpa disengaja. Maka dari itu, pastikan di bawah jok pengemudi bebas dari barang-barang bawaan,” ucap Ibrohim.

Menurut Ibrohim, tempat duduk yang tidak terkunci akan sangat gampang bergeser dengan sendirinya ketika mobil melakukan akselerasi atau mengerem.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hal Sepele Ini Bisa Berdampak Fatal bila Dilakukan Saat Mengemudi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/22/114200915/hal-sepele-ini-bisa-berdampak-fatal-bila-dilakukan-saat-mengemudi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm